Jakarta (ANTARA) - Dirpolair Korpspolairud Baharkam Polri Brigjen Pol. Yassin Kosasih memastikan pengamanan di Pantai Ancol jelang Lebaran 2023 dengan mengecek kesiapan posko dan personel dalam mengamankan masyarakat yang akan berwisata.

“Pantai Ancol menjadi salah satu kawasan yang mendapat prioritas pengamanan, mengingat Pantai Ancol merupakan destinasi wisata bagi masyarakat yang merayakan Lebaran 2023,” kata Yassin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Pengalaman Lebaran 2022, katanya, pengunjung Pantai Ancol mencapai 65 ribu pada H+1. Jumlah ini meningkat 58,46 persen dibanding hari H.

Baca juga: Taman Impian Jaya Ancol perkirakan pengunjung 55.000 orang per hari
Baca juga: Pantai Ancol tetap primadona wisata libur Lebaran


Ia mengatakan pengecekan dilakukan selama dua hari berturut-turut pada H-3 dan H-2. Yasin yang didampingi Kasubdit Binmasair Ditpolair Dirpolairud Polda Metro Jaya bersama jajaran dan Komandan KP Pelatuk-3013 mengecek Posko Satgas 7 di Mako Ditpolair Tanjung Priok.

Di posko tersebut, ujarnya, anggota yang terlibat Operasi Ketupat 2023 menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Dokkes Polri.

“Kami memastikan kondisi kesehatan anggota tetap prima sehingga dapat menjalankan tugas pengamanan secara maksimal,” kata Yasin.

Selanjutnya, rombongan bertolak ke kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara mengecek Pos Koordinasi Operasi Ketupat 2023.

“Jadi, kami harus pastikan segala fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan sudah 'stand by' di tempat,” katanya.

Sebelumnya, Yasin mengecek Posko Operasi Ketupat 2023 di Pelabuhan Muara Angke dan Pelabuhan Nusantara Tanjung Priok mengecek sejumlah fasilitas pelabuhan dalam kondisi baik untuk digunakan warga yang akan berwisata atau bersilaturahim ke rumah kerabatnya yang ada di Kepulauan Seribu.

“Semua fasilitas berfungsi dengan baik,” kata Yasin.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023