Jakarta (ANTARA News) - Meski pengelola Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan beberapa wahana baru namun pantai Ancol tetap menjadi primadona wisata di musim libur Lebaran 2016.

"Anak-anak memang maunya ke pantai (Ancol), katanya mau main pasir. Ke (kebun binatang) Ragunan sudah pernah, tapi capek mesti jalan keliling," kata warga Tangerang Selatan Tamal (41) saat ditemui di pantai Ancol, Jakarta, Kamis.

Pria asal Purbalingga, Jawa Tengah, ini mengaku memilih menghabiskan liburan di hari ke-2 Lebaran ke Ancol setelah di hari pertama bersilaturahmi ke beberapa kerabat yang juga ada di Jakarta.

"Kalau di Ancol pun pilihan permainannya kan banyak. Ini barusan anak-anak habis naik perahu, keliling di sekitar teluk, nanti jelang sore kita pulang," ujar Tamal.

Ia bersama keluarga tidak bisa mudik pada Lebaran kali ini karena harus mendaftarkan ulang anak perempuannya yang akan masuk SMP pada Tahun Ajaran Baru 2016/2017.

"Pendaftarannya tanggal 13 Juli, jadi terlalu sebentar di kampung kalau mudik sekarang," ujar dia.

Sedangkan warga Rawamangun, Jakarta Timur, Renata (19) mengaku menghabiskan libur Lebaran, terutama di hari ke-2, ke pantai Ancol sudah seperti kebiasaan di keluarganya. Biasanya kegiatan bermain air di pantai ini dilakukan dengan para sepupu yang kebetulan mempunyai umur sepantar dengannya.

"Ada wahana baru juga di pantai, tadi saya lihat ada Aqua Fun di sebelah sana. Sepertinya asyik, nanti coba ke sana ah," ujar Renata terlihat girang.

Sementara itu, Corporate Communication Ancol Taman Impian Rika Lestari mengatakan kawasan pantai memang jumlah pengunjungnya membludak. "Tapi bukan berarti di wahana lain tidak ramai," ujar dia.

Menurut salah seorang staf Pengelola Ancol Taman Impian ini, pihaknya mentargetkan total pengunjung di masa libur Lebaran 2016 ini mencapai 870.000 orang. Dan di hari pertama Lebaran pun jumlah pengunjung sudah mencapai 60.000 orang.

"Itu target dari tanggal 6 sampai 10 Juli ya. Kalau hari ini (Lebaran ke-2) target kita bisa 120.000-130.000 pengunjung lah kira-kira," ujar dia.

Ia mengatakan 1.300 personel keamanan yang merupakan gabungan dari keamanan internal, Kepolisian, dan Pramuka bertugas memberikan rasa aman pada seluruh pengunjung obyek wisata di utara Jakarta tersebut di masa libur Lebaran 2016.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016