ada 80 kendaraan roda empat yang mengikuti takbir akbar ini
Sentani (ANTARA) - Umat Islam di Kabupaten Jayapura, Papua menggelar malam takbiran dengan berkeliling Kota Sentani pada Jumat 21 April 2023 mulai pukul 19.30 hingga 21.00 WIT.

Ketua Takmir Masjid Agung Al-Aqsha Sentani Nurdin Syanmas kepada ANTARA di Jayapura, Jumat, mengatakan ini merupakan takbir akbar seluruh umat Muslim di Kabupaten Jayapura.

"Umat berarak-arakan dengan menggunakan kendaraan roda empat takbiran keliling Kota Sentani sambil melantunkan takbir kemenangan," katanya.

Menurut Nurdin, ada 80 kendaraan roda empat yang mengikuti takbir akbar ini dan dikawal oleh pihak Polres Jayapura.

"Untuk kendaraan roda dua tidak kami ikutkan dalam pawai takbir akbar ini, guna menghindari kemacetan dan mencegah kejadian di luar dugaan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Ribuan umat Muslim turun ke jalan pada malam takbiran di Ambon
Baca juga: Malam takbiran, sejumlah pemudik roda dua masih lintasi Kalimalang

Dia menjelaskan biasanya pada malam takbiran sendiri orang-orang akan melantunkan takbir di Masjid maupun berkeliling pertanda menyambut hari kemenangan raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Umat yang mengikuti takbiran berkisar 800 orang , suasana penuh suka cita menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1444 Hijriah," katanya lagi.

Dia menambahkan pelaksanaan shalat Idul Fitri akan berlangsung pada Sabtu 22 April 2023, pukul 06.30 WIT di Masjid Agung Al-Aqsah Sentani.

"Insyaallah shalat Id akan berlangsung besok pagi, semoga diberi cuaca yang bagus dan berkah Idul Fitri, berkah kemenangan dari Allah SWT senantiasa melimpah bagi kita sekalian," ujarnya lagi.

Baca juga: Ribuan umat Muslim di Mataram ikut pawai takbiran sambut Idul Fitri

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023