sekarang kami sudah diberikan izin untuk melaksanakan takbir keliling
Jayapura (ANTARA) - Anak-anak dan remaja Masjid Al-Muhajirin Koya Barat, Kota Jayapura, Papua menggelar takbir keliling dan pawai obor sepanjang jalan protokol untuk memeriahkan Idul Fitri 2023.

"Kami bersyukur karena sekarang kami sudah diberikan izin untuk melaksanakan takbir keliling di mana sebelumnya tidak bisa dilaksanakan sebab ada dalam situasi Pandemi COVID-19," Kata ketua panitia Amalia Ramadhan Masjid Al-Muhajirin Sarji Efendy, di Jayapura, Jumat (21/4) malam 

Menurut Sarji, anak-anak dan remaja Masjid Al-Muhajirin yang terlibat dalam takbir keliling dan pawai obor ialah dari seluruh mushalla yang ada pada 17 jalur di Koya Barat.

"Untuk pengamanan kami melibatkan polisi, Orari Papua, RAPI, Babinsa dan karang taruna serta komunitas pemuda Batak," ujarnya.

Baca juga: Umat Islam Jayapura gelar malam takbiran keliling Kota Sentani
Baca juga: Warga Golo Mori Manggarai Barat-NTT teruskan tradisi takbiran obor

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan takbir baik di halaman masjid dan di jalan raya anak-anak dan remaja diminta menjaga ketertiban dan kekompakan guna menghindari hal-hal yang dapat merugikan masyarakat.

Sementara itu, Wakapolsek Muara Tami AKP T.B. Silitonga mengatakan pihaknya juga mengimbau agar anak-anak dan remaja bisa mengikuti arahan untuk tidak melakukan pawai menggunakan sepeda motor.

"Tetapi semua bisa melaksanakan takbir keliling dengan berjalan kaki serta tetap menjaga kenyamanan bersama," katanya.

Dia menambahkan untuk pengamanan Idul Fitri 2023 khusus di Koya Barat pihaknya menyiapkan 20 personil dan Koya Timur 15 personil serta pada jalan protokol Koya Kosso sebanyak 10 personil.

Baca juga: Ribuan umat Muslim di Mataram ikut pawai takbiran sambut Idul Fitri

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023