Selalu damai tidak pernah konflik
Jakarta (ANTARA News) - Layaknya letak gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kernolong yang bersebelahan dengan masjid, kerukunan beragama juga tampak di lingkungan sekitar Jalan Kramat 4, Jakarta Pusat.  

Salah satu jamaat gereja tersebut, Anna Panjaitan mengaku sejak dulu di sekitar jalan Kramat tidak pernah terjadi konflik antarumat beragama. 

"Selalu damai tidak pernah konflik," ujar dia saat ditemui usai melakukan misa Natal yang dipimpin oleh Pendeta SPD Simanungkalit di Jakarta, Senin malam. 

Wilayah yang dihuni oleh berbagai etnis ini juga tampak saling menghormati. 

Beberapa orang membantu memarkirkan mobil yang berdatangan. 

Posisi gereja yang terletak di pinggir kali Ciliwung membuat beberapa orang terpaksa memarkirkan kendaraan di pinggir kali ataupun ruas jalan lainnya. 

Bahkan ketika banjir besar datang beberapa tahun lalu, banyak warga yang mengungsi ke dalam gereja untuk berlindung. 

"Beberapa diantaranya membawa tikar, saling membantu dan memasak bersama," ujar dia. 

Para pendeta juga bergabung bersama para alim ulama untuk membantu korban banjir. 
 
"Mereka duduk bersama, pendeta, penatua, anggota gereja dan ulama."

Salah satu gereja tertua di Jakarta ini memang tampak masih kental dengan suasana sejarah masa lalu. 

Gedungnya terdiri dari dua lantai. Lantai pertama untuk kantor sekertarian dan ruang serbaguna sementara lantai kedua digunakan untuk aktivitas ibadah. 

Altar gereja Kernolong berhias rangkaian bunga, terdapat salib besar menempel pada dinding tengah, dan kacanya bercorak warna warni yang terlihat seperti motif ulos dari Batak.

Kasih untuk sesama

Misa malam natal yang dipimpin oleh Pendeta SPD Simanungkalit malam itu, mengajarkan umat untuk saling mengasihi antar sesama baik saudara, tetangga dan musuh sekalipun. 

"Bukan hanya mengasihi sanak saudara. Musuh sekalipun harus kita kasihi."

Dengan begitu, diharapkan akan tercipta kedamaian dan kebersamaan antar sesama. 

Lebih dari 500 orang hadir dalam misa natal di gereja Gereja HKBP Kernolong. Gereja ini menggelar misa malam natal pada pukul 18.00 WIB. Sementara misa natal digelar keesokan harinya tanggal 25 Desember pada pukul 07.00 WIB, 10.00 WIB dan 18.00 WIB.

(tri)

Pewarta: Tria Dianti
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012