Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Al Jabbar ke depannya akan menjadi tradisi bagi masyarakat Jawa Barat.

Menurutn dia pelaksanaan Shalat Id di masjid raya yang berada di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu ini pun menjadi sejarah karena merupakan yang pertama kalinya

"Ini peristiwa bersejarah ya pertama kali dan mungkin akan dijadikan tradisi karena suasananya bagus gitu, ada lapangan besar," kata Ridwan Kamil, Sabtu.

Menurutnya masyarakat yang mengikuti shalat di masjid tersebut pun bisa langsung menikmati keindahan bangunan masjid. Sehingga masyarakat yang mengikuti shalat di masjid itu pun  bisa berbahagia.

Baca juga: Jokowi dan Ganjar tiba di Masjid Sheikh Zayed untuk shalat Id

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin shalat Id di Masjid Istiqlal


Adapun pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Raya Al Jabbar itu hanya digelar di lapangan area luar bangunan. Setelah shalat, masyarakat pun tampak berfoto-foto bersama sanak saudaranya dengan latar belakang Masjid Raya Al Jabbar.

Ridwan Kamil juga mengatakan kini masjid tersebut sudah bisa dikunjungi dengan melalui akses tol, tepatnya melalui Gerbang Tol Gedebage di KM 149 ruas Tol Padalarang-Cileunyi.

Di samping itu, ia pun mengaku cukup terharu karena pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini keluarganya pertama kali melaksanakan Lebaran tanpa almarhum anak sulungnya yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril.

"Tapi apapun itu, kebahagiaan hadir di pagi ini, cuaca cerah sekali, yang tadi dari khatib juga menyampaikan tentang perbanyak syukur," kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Baca juga: Prilly Latuconsina masak besar untuk jamuan Lebaran

Baca juga: KAJ ucapkan selamat Idul Fitri 1444 H untuk umat Muslim di Indonesia

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023