Beijing (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing, China memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 H pada Sabtu untuk menyosialisasikan pendaftaran Pemilu 2024.

Ketua PPLN Beijing M Adanan Purba dalam kesempatan tersebut mengimbau warga negara Indonesia (WNI) di China segera mendaftar agar bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun menggelar acara ramah tamah dengan para WNI di Wisma Duta, Kedutaan Besar RI di Beijing.

"Untuk mahasiswa Indonesia dan WNI di Beijing, kita semua di sini adalah keluarga. Mari kita rayakan hari ini secara bersama-sama dan semoga hari ini dapat menyucikan hati kita," kata Dubes Djauhari, berpesan.

Ketua Panitia Hari Raya Idul Fitri KBRI Beijing Raden Fitri Saptaji menyampaikan pengumuman sebelum shalat Id digelar di Wisma Duta KBRI Beijing, China, Sabtu (22/4/2023). (ANTARA/KBRI Beijing)
Ramah-tamah itu digelar seusai shalat Idul Fitri di halaman Wisma Duta KBRI Beijing.

Hidangan khas Nusantara, seperti lontong, opor ayam, rendang, empek-empek, dan sayur godog serta jajanan khas pasar disajikan pada siang hari di bawah suhu udara 8 derajat Celcius untuk mengobati kerinduan WNI akan kuliner tradisional tersebut.

Ketua Panitia Hari Raya Idul Fitri KBRI Beijing Raden Fitri Saptaji memperkirakan jumlah WNI yang hadir pada acara di Wisma Duta itu sekitar 300 orang.

Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir, shalat Id di China digelar tanpa protokol kesehatan antipandemi secara ketat.

Masjid-masjid di China menggelar shalat Id pada Sabtu sesuai ketetapan Asosiasi Muslim China (CIA) bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada tanggal 22 April 2023.

Baca juga: Pengantin pesanan usia dini itu minta pulang ke Tanah Air
Baca juga: Pekerja Indonesia di China, ingat jalan masuk sampai lupa jalan keluar
​​​​​​​


Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023