Untuk arus balik kami persiapkan total 30 unit kapal. Kami usahakan pencapaian trip pelayaran bisa maksimal, sehingga makin cepat bisa mengangkut kendaraan arus balik,"
Negara (ANTARA News) - Arus kendaraan dan penumpang dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, kembali normal setelah beberapa hari terakhir diwarnai antrean panjang.

Informasi yang dihimpun, Selasa menyebutkan, mulai pagi hingga siang hari tidak lagi terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, termasuk arus wisatawan domestik yang hendak berlibur ke Bali.

Di sisi lain, pihak otoritas Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk dan Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, mulai mempersiapkan arus balik liburan yang hendak kembali ke Jawa.

"Untuk arus balik kami persiapkan total 30 unit kapal. Kami usahakan pencapaian trip pelayaran bisa maksimal, sehingga makin cepat bisa mengangkut kendaraan arus balik," kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Gilimanuk, Wahyudi Susianto.

Sedangkan Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Made Prihenjagat mengaku, sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait baik ASDP, Dinas Perhubungan maupun kelurahan setempat terkait arus balik.

Wahyudi dan Prihenjagat memperkirakan, Pelabuhan Gilimanuk dan sekitarnya juga akan dipadati kendaraan arus balik liburan, mengingat jumlah kendaraan yang masuk ke Bali selama libur panjang ini cukup banyak.

"Di Ketapang saja kendaraan yang datang bergelombang membuat antrean panjang, apalagi saat arus balik yang biasanya berbarengan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengurai antrean yang mungkin terjadi," kata Prihenjagat.

(KR-GBI/T007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012