Surabaya (ANTARA) - Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) membuka wahana baru yang dapat dinikmati pengunjung saat musim libur Idul Fitri 1444 Hijriyah yakni "Mushroom House and Playland Surabaya Zoo".
 

Pelaksana tugas (Plt) Humas KBS Lastri Pujiono saat ditemui ANTARA, Minggu, mengatakan area bermain ketangkasan untuk anak-anak tersebut baru saja dibuka pada 22 April 2023 yang bertepatan dengan libur Lebaran.
 

"Putra-putri para pengunjung ini bisa masuk ke area wilayah rumah jamur atau playland untuk dapat bermain sepuasnya dengan hanya membayar tiket Rp15.000," katanya.
 

Menurut dia, dalam wahana terbaru tersebut, pengunjung bisa foto bersama satwa, antara lain binturong, elang, ular dan aneka binatang tidak berbahaya lainnya.

Baca juga: Kebun binatang mini Romokalisari Surabaya dilengkapi satwa burung

Baca juga: Kebun Binatang Surabaya buka dua wahana baru saat Lebaran

 

"Jadi anak-anak bisa pegang satwa sekaligus foto bersama dengan gawai mereka sendiri atau orang tuanya bebas, namun tetap dengan pengawasan dari keeper yang menjaga hewan-hewan itu," ujarnya.
 

Selain itu, di wahana tersebut juga tersedia cafe yang menjual aneka makanan dan minuman ringan bagi para pengunjung yang berada di playland.
 

"Makanannya beragam namun hanya makanan ringan seperti sosis atau snack untuk anak-anak, jadi tidak perlu keluar area lagi untuk membeli makanan atau minuman," tuturnya.
 

Tak hanya itu, kata dia, pihaknya juga menyediakan wahana lainnya seperti Aquanoctudio, Animal Edutainment, Kids Zoo, tunggang gajah, tunggang onta, wisata perahu, serta kolam renang anak.
 

"Selama even Lebaran tahun ini, KBS membuka program yang dapat dinikmati pengunjung, antara lain feeding time satwa, foto booth satwa, keeper talk with animal, pentas kesenian Jaranan dan Reog Ponorogo, kemudian aneka pentas live musik dan masih banyak hiburan lainnya," ujarnya.
 

Selama libur Lebaran, lanjutnya, untuk mencegah kerumunan pihaknya, membuka tiga akses pintu masuk.
 

"Pintu masuk utama yang ada di depan kemudian pintu masuk dari area parkir, dan pintu masuk selatan yang berdekatan dengan Terminal Intermoda Joyoboyo," kata Lastri.
 

Manajemen KBS mengimbau, selama libur lebaran bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat diharapkan agar parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), sedangkan roda dua tetap di area parkir KBS.
 

"Jadi kami mengimbau yang membawa kendaraan roda empat bisa parkir di TIJ kemudian langsung bisa masuk melalui pintu selatan di sana," ucapnya.
 

Sementara, untuk pembelian tiket pihaknya juga mengimbau agar melakukan pembelian di loket secara cashless untuk menghindari antrian.
 

"Kami mohon untuk bertransaksi tanpa uang fisik atau cashless, selain lebih cepat hal itu juga untuk menghindari kerumunan juga dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan selama berkunjung di KBS," katanya.
 

Lastri berharap, dengan adanya wahana baru, program libur lebaran dan ketentuan aturan yang berlaku para pengunjung dapat merasa aman dan nyaman saat berada di area KBS.
 

"Semoga pengunjung KBS bisa memberikan kenangan bersama keluarga, karena di sini banyak sekali wahana dan program yang ada di sini," ucap Lastri.

Baca juga: Anak gajah "Dumbo" di Kebun Binatang Surabaya mati

Baca juga: Populasi komodo KBS bertambah 11 ekor dari tiga induk

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023