Deli Serdang (ANTARA) - Polisi mendirikan posko khusus untuk mengatasi pungutan liar (pungli) di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, selama masa angkutan udara Lebaran 2023.

"Posko ini diisi personel dari tim saber pungli Satreskrim Polresta Deli Serdang," ujar Kanit Reskrim Polsek Bandara Kualanamu yang juga Pengawas Dalam (Padal) Posko Bandara Kualanamu, Iptu Heri Suhartono, kepada ANTARA di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Minggu.

Posko sapu bersih (saber) pungli tersebut berada persis di sisi posko terpadu Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah yang ada di terminal kedatangan Bandara Internasional Kualanamu.

Terdapat dua regu tim saber pungli yang siaga di posko tersebut dengan kekuatan masing-masing empat personel.

"Kami berganti sif 12 jam sekali," kata Kepala Tim Regu B Saber Pungli di Bandara Internasional Kualanamu Aiptu AG Sitepu.

Pihak kepolisian pun meminta masyarakat yang merasa terkena pungli supaya segera mengadukan permasalahannya ke posko tersebut.

Adapun posko saber pungli itu dioperasikan mulai masa angkutan udara Lebaran 2023 sampai 1 Mei 2023.

Selama itu, belum ada laporan pungli oleh penumpang di Bandara Internasional Kualanamu.

"Alhamdulilah belum ada temuan sampai hari ini," tutur Heri Suhartono.

Keamanan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas selama masa mudik dan balik di Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Jika posko saber pungli diisi oleh anggota Polri, maka pos terpadu Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Kualanamu ditempati petugas dari beberapa instansi seperti Satgas COVID-19, otoritas bandara, pihak maskapai, TNI, Polri dan lain-lain.

Dengan menjadi satu tempat, mereka diharapkan dapat saling berkoordinasi untuk menangani situasi yang tidak biasa, meningkatkan keamanan, keselamatan dan pelayanan kepada penumpang.

Baca juga: Arus lalu lintas Tol Cipali hari kedua Lebaran ramai lancar
Baca juga: Dishub sebut Jembatan Kretek II dibuka, urai kemacetan lalu lintas
Baca juga: GWK sediakan tiket digital percepat akses pengunjung libur Lebaran

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023