Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan mulai menjalankan pemusatan latihan nasional seluruh atlet pelatnasnya pada Januari mendatang.

Hal tersebut menyusul revisi Surat Keputusan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yang rencananya akan keluar terhitung 1 Januari 2013.

"Kita rencananya Januari nanti bisa mulai pemusatan latihan untuk semua atlet Pelatnas," ujar Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi, Paulus Lay, saat dihubungi ANTARA News, Rabu.

Sebelumnya, PB PASI hanya mampu membina 27 atlet prioritas menjelang persiapan SEA Games 2013 karena dana Satlak Prima yang belum turun. Sedangkan jumlah atlet Pelatnas total sebanyak 75 orang sehingga sampai saat ini, di luar atlet prioritas baru bisa latihan usai dana turun.

Paulus mengatakan pemusatan latihan akan dilakukan secara desentralisasi yang tersebar di lima kota yakni Jakarta, Pengalengan (Jawa Barat), Surabaya (Jawa Timur), Kediri (Jawa Timur), dan Bali.

PB PASI juga telah menyiapkan pelatih sebanyak 22 orang yang terdiri dari 20 pelatih nasional dan dua pelatih asing asal Uzbekistan dan Rusia.

Pelatih dari Uzbekistan, Lyud Mila, disiapkan untuk nomor lempar cakram dan tolak peluru sedangkan pelatih Rusia, Anatoly Chernobay, untuk nomor lompat galah.

Sebelumnya, cabang olahraga atletik berhasi menyabet enam emas, sembilan perak, dan tujuh perunggu pada Pekan Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara pekan lalu.

"Hasil itu cukup baik untuk data awal pembinaan lebih lanjut," ujar Paulus.

(M047)


Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012