Jakarta (ANTARA News) - Google menargetkan sebagian besar pengguna program Microsoft Office berpindah ke layanan pengolah dokumennya yang berbasis cloud, Google Docs, pada 2013.

"Tujuan kami adalah untuk mendapatkan 90 persen pengguna yang tidak membutuhkan fitur-fitur tercanggih (Microsoft) Office," kata Kepala unit Enterprise sekaligus Wakil Presiden Google, Amit Singh, seperti dikutip AllThingsD.

Singh menyebut aplikasi Google Docs juga menyediakan layanan pengolah serupa Microsoft Excel dengan mencontohkan pemindahan data tabel Excel ke Google Sheets.

"Kami tahu ada perbedaan antara fitur kami dan mereka (Microsoft)...kami akan mendapatkan 90 persen (kemampuan pengolahan dokumen). Jika Anda butuh sisa 10 persennya, Anda akan menggunakan komputer meja (desktop)," kata Singh.

Raksasa Teknologi asal Menlo Park California AS itu tidak hanya menyasar para pengguna Google Apps individu, tapi juga segmen pengguna perusahaan-perusahaan (enterprise).

Singh menambahkan pada 2013 Google akan lebih fokus menggarap pasar perusahaan-perusahaan dengan menargetkan dua kali pencapaian 2012.

Google dan Microsoft terus bersaing dalam memberikan layanan di kedua segmen pengguna itu, seperti layanan penyimpanan data di cloud yaitu Microsoft Azzure dan Google Drive.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012