Jakarta (ANTARA) - Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur memberikan layanan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi atau Wifi secara gratis yang dapat diakses oleh pengguna bandara, baik itu penumpang, pengunjung atau petugas dan relawan Posko Monitoring Lebaran 2023.

Wartawan ANTARA, yang berada di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin, mencoba mengakses layanan wifi gratis di bandara menggunakan kamputer jinjing dan ponsel, alhasil sinyal cukup kuat untuk mengakses aplikasi YouTube dan membuka berbagai jaringan internet.

Informasi wifi gratis ini dibagikan oleh KSO HLP selaku operator bandara dengan memasang tanda berupa sticker bertuliskan “free wifi” di tiang penyangga bandara yang mudah dilihat siapa saja yang melintas di terminal bandara.

Sejumlah petugas maupun relawan yang ditemui di Pokso Monitoring Lebaran 2023 Bandara Halim juga memanfaatkan layanan wifi di bandara untuk mengakses internet.

Layanan wifi yang disediakan bandara, yakni dengan nama hlp.airport. Masyarakat umum bisa mengakses wifi hlp.airport gratis tanpa kata kunci.

Executive General Manager Commercial Halim Perdanakusuma Herry Sikado mengatakan pengelola bandara menyediakan 20 titik akses wifi di bandara.

Selain layanan wifi, Bandara Halim Perdanakusuma juga tersedia tempat untuk mengisi daya batrai ponsel yang sudah lama disediakan. Khusus untuk wifi baru tersedia sejak awal 2023.

“Ini bagian dari airport service and costumer experience Bandara Halim itu sendiri,” kata Herry.

Ajum (24) salah satu pengunjung Bandara Halim Perdanakusuma yang ditemui di lokasi, mengatakan kehadiran layanan wifi gratis bermanfaat untuk masyarakat terutama yang memiliki kuota internet terbatas.

Hanya dia memberikan catatan, untuk berhati-hati saat menggunakan wifi yang punya sistem sumber terbuka (open source) karena bisa dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggungjawab untuk ilegal akses ke data pengguna lainnya.

“Kebetulan saya kerja di bidang IT, jadi ada bagusnya juga ada wifi gratis. Cuma tadi perlu kehati-hatian juga karena open source kan,” ujar Jum.

Sementara itu, suasa arus pemilir di Bandara Halim Perdanakusuma terpantau landai, tidak terjadi lonjakan penumpang yang tiba maupun berangkat di terminal.

Berdasarkan catatan di Posko Monitoring Lebaran 2023 di Bandara Halim Perdanakusma, total jumlah penumpang datang maupun berangkat hingga pukul 12.00 WIB sebanyak 3.856 orang, yang terdiri atas 2.328 orang yang berangkat dan 1.528 orang yang datang, diangkut menggunakan 34 penerbangan terdiri atas 20 penerbangan berangkat dan 14 penerbangan datang.

Baca juga: H 2 Lebaran penumpang Bandara Halim capai 8.668 orang

Baca juga: Penumpang Halim Perdanakusuma capai 13.118 orang di H-1 Lebaran


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023