Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas pada arus balik libur Natal 2023 pada Selasa di sejumlah ruas jalan tol mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi mengatakan rencana rekayasa lalu lintas yang disiapkan seperti sistem satu arah (one way) dan contraflow (lawan arah).

"Akan dilakukan rekayasa lalu lintas one way dari KM 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan sampai dengan KM 72 GT Cikampek Utama," kata Eddy dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menhub: Puncak arus balik Natal dan tahun baru pada 1-2 Januari 2024

Kemudian dilanjutkan rekayasa lalu lintas contraflow menggunakan dua lajur dari KM 72 sampai dengan KM 47 GT Cikampek Utama.

"Dari KM 72 sampai dengan KM 36 menggunakan rekayasa lalu lintas contraflow satu lajur," kata Eddy.

Rekayasa lalu lintas untuk kendaraan dari arah Bandung menuju Cirebon juga disiapkan melalui Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di exit ujung Jaya Majalengka-Cirebon-Palimanan 3.

Sementara itu, untuk kendaraan yang berada pada jalur one way arus balik, kata Eddy, bisa keluar melalui gerbang interchanger di Sumber Jaya, Kertajati, Cisumdawu, Cikedung, Subang, Kalijati dan Cikopo.

"Pelaksanaan contraflow atau one way bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian," kata Eddy mengingatkan.

Eddy memprediksikan puncak arus balik tahap pertama terjadi hari ini, mengingat besok sudah mulai masuk kerja, usai cuti bersama libur Natal 2023.

"Puncak arus balik pertama diprediksi hari ini," kata Eddy.

Baca juga: Tol Japek 2 Selatan dibuka situasional di arus balik Natal-Tahun Baru
Baca juga: ASDP: Arus balik penumpang Pelabuhan Merak-Bakauheni masih tinggi

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023