Lampung Selatan (ANTARA) - General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengatakan pihaknya memprediksi puncak arus balik libur Natal 2023 di pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan terjadi pada H+3 Natal.

"Diperkirakan puncak arus balik pada libur Natal 2023 di pelabuhan Bakauheni terjadi pada H+3 Natal atau tanggal 28 dan 29 Desember 2023," kata Rudi Sunarko, di Bakauheni, Selasa.

Ia pula mengatakan, kesiapan pihak ASDP untuk menyambut puncak arus balik yang di perkirakan akan terjadi pada H+3 besok sudah dipersiapkan.

"Jadi memang sudah dipersiapkan seperti kapal, dermaga, fasilitas pendukung lainnya seperti toilet, ruang tunggu penumpang, kantong parkir dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Aktivitas penumpang di pelabuhan Bakauheni landai pada Selasa malam

Baca juga: Polres perketat pengawasan pemudik di Bakauheni saat puncak arus balik


Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Kemudian, Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan pihaknya akan terus memperketat pengamanan dan pengawasan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni menjelang puncak arus balik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kita perkirakan untuk lonjakan penumpang kapal itu pada puncak arus balik besok atau tanggal 27 dan 28 Desember 2023," kata Kapolres AKBP Yusriandi Yusrin.

Pihaknya juga akan melaksanakan rekayasa lalu lintas di beberapa titik untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di area pelabuhan.

"Kita perketat penjagaan walaupun saat ini terpantau kendaraan dan jumlah pemudik yang datang belum meningkat, dan mudah-mudahan dengan CB yang kita terapkan akan memperlancar dan tidak menimbulkan kemacetan dan berjalan aman," ujarnya.

Pihaknya menurunkan sebanyak 111 anggota kepolisian untuk memperketat pengawasan dan pengamanan di areal keluar masuk Pelabuhan Bakauheni.

"Ada 111 personil yang akan kita nanti tempatkan di sana tidak hanya polri saja, namun stakeholder terkait juga kita libatkan untuk pengamanan di pelabuhan Bakauheni," ujar dia.

Untuk diketahui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket feri dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal 5 kilometer sebelum pelabuhan yang ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.*

Baca juga: Pemudik terus berdatangan memadati Pelabuhan Bakauheni pada H+1 Natal

Baca juga: 335.603 penumpang nyeberang dari Merak ke Bakauheni dalam sepekan ini


Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023