Kami memprediksi akan terdapat kenaikan arus lalu lintas sejumlah 87.131 kendaraan hari ini.
Cirebon (ANTARA) -
Operator Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Astra Tol Cipali mengestimasikan sebanyak 87.131 unit kendaraan dari arah Jawa menuju Jakarta akan melintas di ruas tol tersebut untuk masa arus balik libur Natal 2023 hingga Kamis malam.
 
“Kami memprediksi akan terdapat kenaikan arus lalu lintas sejumlah 87.131 kendaraan hari ini,” kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali Sri Mulyo saat dikonfirmasi di Cirebon, Jawa Barat, Kamis.
 
Sri menyebutkan pada momen itu, Astra Tol Cipali kembali memberlakukan diskon tarif tol sebesar 10 persen di mulai dari pukul 00.00 WIB-23.59 WIB.
 
“Diskon ini berlaku bagi pengendara jarak jauh arus balik Natal 2023, khususnya pengguna jalan asal Gate Kalikangkung dan keluar di Gate Cikampek Utama,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, dia menuturkan pada Rabu (27/12) kemarin, perhitungan trafik kendaraan di Jalan Tol Cipali menunjukkan arus lalu lintas di sepanjang ruas tol tersebut dalam kondisi lancar dan melandai dengan jumlah kendaraan sebanyak 85.128 unit.
 
Menurut dia, jumlah itu memiliki selisih tipis dengan prediksi awal yaitu sekitar 85.885 unit kendaraan yang berangkat melalui Jalan Tol Cipali.
 
“Jumlah harian pada Rabu (27/12) kemarin itu tercatat meningkat 12 persen bila dibandingkan dengan arus lalu lintas di hari yang sama pada tahun 2022,” katanya pula.
 
Masih di momen yang sama, kata Sri, gerbang sayap tol di wilayahnya termasuk Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Kertajati Utama, Sumberjaya, serta Palimanan II mencatat transaksi sebesar 21,47 persen dari total keseluruhan transaksi.
 
Sri menyebutkan Gerbang Tol Subang masih konsisten menjadi gerbang sayap dengan volume transaksi tertinggi sebesar 5.956 transaksi.
 
Dia menambahkan selama masa libur Natal 2023, volume arus lalu lintas di Jalan Tol Cipali dengan jumlah kendaraan yang melintas paling banyak terjadi pada tanggal 23 Desember 2023 yang tercatat sebanyak 134.254 unit kendaraan melintas di ruas tol itu.
 
“Saat ini kami berpesan para pengguna jalan dapat memanfaatkan penawaran diskon tarif tol sebesar 10 persen sebagai alternatif pilihan waktu untuk melakukan perjalanan. Selain keistimewaan tarif, dapat menikmati fasilitas ruas Tol Cipali di luar puncak arus Natal 2023 dan Tahun 2024,” ujarnya lagi.
Baca juga: Operator Tol Cipali: Jumlah kendaraan naik 11 persen di Natal 2023
Baca juga: One way Tol Cipali ditunda dan petugas terapkan contraflow Tol Japek

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023