Saat ini, masih banyak tiket tersedia untuk semua KA lokal di Wilayah 8 Surabaya seperti KA Penataran, KA Dhoho, dan KA lainnya
Surabaya (ANTARA) - Manajemen PT KAI Commuter mencatat terdapat kenaikan penumpang kereta api lokal pada puncak arus balik Lebaran 2023 dengan total mencapai 41.838 orang di wilayah Daop 8 Surabaya, Jawa Timur.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Surabaya, Jatim, Selasa, mengatakan, pada 24 April 2023 pukul 15.00 WIB, jumlah penumpang telah mencapai 41.838 orang, lebih tinggi dari hari sebelumnya yang 41.679 penumpang.

"Beberapa stasiun yang terpantau terjadi pelonjakan jumlah pengguna jika dibandingkan pada 22 April seperti Stasiun Bojonegoro terpantau naik 136 persen, Stasiun Kertosono naik 110 persen, Stasiun Tulungagung naik 109 persen, dan Stasiun Blitar naik 80 persen. Total pengguna KA lokal di Wilayah 8 Surabaya pada Lebaran pada 22-23 April 2023 sebanyak 71.532 orang," ujarnya.

Menurut dia, Stasiun Surabaya Gubeng masih menjadi lokasi yang paling ramai dikunjungi pengguna KA lokal yakni sebanyak 5.095 orang.

"Sedangkan, pengguna KA lokal yang turun dari Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 5.218 orang," ucapnya.

Ia mengimbau untuk menghadapi arus balik Lebaran, para pengguna KA lokal bisa melakukan pembelian dan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access.

"Saat ini, masih banyak tiket tersedia untuk semua KA lokal di Wilayah 8 Surabaya seperti KA Penataran, KA Dhoho, dan KA lainnya," katanya.

Selain itu, saat berada di stasiun para pengguna tidak perlu khawatir karena banyak petugas yang akan siap membantu untuk memberikan informasi.

KAI Commuter juga bekerja sama dengan komunitas pecinta kereta yang dalam masa Lebaran 2023 ini bertugas sebagai petugas customer service mobile (CSM).

"Para petugas CSM dapat mengarahkan untuk melakukan pencetakan tiket hingga arah peron keberangkatan kereta para pengguna," tuturnya.

Anne juga mengimbau pengguna jasa selalu memperhatikan aturan dan syarat barang yang boleh dibawa saat naik KA lokal, seperti ukuran barang yang boleh dibawa saat naik dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm.

"Selain itu, para pengguna tidak diperbolehkan membawa hewan, senjata api dan senjata tajam, barang yang mudah terbakar serta makanan yang berbau menyengat. Untuk informasi perkembangan terkini tentang KAI Commuter melalui akun media sosial resmi @commuterline atau kontak center 021 121," ujarnya.

Baca juga: KAI Commuter prediksi pengguna KA lokal Surabaya meningkat saat mudik
Baca juga: Daop 8 Surabaya catat 37 ribu orang gunakan KA saat libur Lebaran
Baca juga: Mudik 2023, 14.511 penumpang KA berangkat dari stasiun Daop 8 Surabaya


Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023