Seperti lapangan bulutangkis, futsal, bola basket, bola voli, dan sarana dan prasarana olahraga lain
Bekasi, Jawa Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyiapkan pembiayaan senilai Rp40 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk membangun sarana dan prasarana (sarpras) olahraga pada tahun ini.

"Total anggaran sebesar Rp40 miliar untuk 200 kegiatan pembangunan sarana olahraga, termasuk revitalisasi sarpras," kata Kadisbudpora Kabupaten Bekasi Iman Nugraha di Cikarang, Jabar, Selasa.

Dia mengatakan lokasi pembangunan sarana dan prasarana olahraga ini berada di tengah permukiman warga dan tersebar di beberapa wilayah dengan tujuan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Seperti lapangan bulutangkis, futsal, bola basket, bola voli, dan sarana dan prasarana olahraga lain," katanya.

Pihaknya tahun ini juga merencanakan membangun sarprasar olahraga squash berstandar internasional yang memang belum dimiliki Kabupaten Bekasi.

"Pembangunan lapangan squash dan sarana pendukung direncanakan vertikal tiga lantai dengan mengalokasikan anggaran senilai Rp9 miliar. Insya Allah lokasi di sekitar area komplek perkantoran Pemkab Bekasi," katanya.

Pembangunan sarana olahraga ini sekaligus menjadi respons pemerintah daerah atas aspirasi yang disampaikan sejumlah elemen masyarakat demi kemajuan prestasi olahraga Kabupaten Bekasi ke depan.

Berstatus penyandang predikat juara umum di ajang Pekan Olahraga Provinsi dan Pekan Paralimpik Daerah Provinsi Jawa Barat pada akhir tahun lalu, dampak euforia ini terus dirasakan masyarakat, setidaknya menjadi semakin senang berolahraga.

"Tugas kami memastikan ketersediaan fasilitas olahraga, sehingga masyarakat semakin terbiasa berolahraga, membugarkan tubuh untuk menjaga kesehatan," katanya.

Pemerintah daerah hingga kini setidaknya telah merealisasikan sejumlah pembangunan sarpras olahraga hingga ke pelosok-pelosok wilayah.

Kompleks Stadion Wibawa Mukti Cikarang yang menjadi pusat kegiatan olahraga juga telah dilengkapi sejumlah arena seperti gelanggang renang dan loncat indah, panjat tebing, lapangan tenis, hingga lintasan sepatu roda dan skate park.

"Membiasakan olahraga dalam keseharian dapat menjaga kesehatan tubuh. Jadi, manfaatkan saja stadion untuk berjalan santai atau joging demi menjaga kesehatan," kata dia.

Baca juga: Renang Kabupaten Bekasi kemas empat emas Porprov Jabar
Baca juga: Arena Porprov Jabar di Bekasi 90 persen siap
Baca juga: Kabupaten Bekasi sosialisasikan desain besar olahraga nasional

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023