Hasil pendataan sementara menyebut sedikitnya 30 petak rumah warga yang terbakar, di mana sebagian ditinggal mudik oleh pemiliknya
Jakarta (ANTARA) - Kebakaran melanda pemukiman penduduk di Kampung Muka Ancol, Pademangan, Jakarta Utara atau berada di sisi utara Stasiun Jakarta-Kota, Jakarta Barat pada Selasa atau H+3 Lebaran.

Kebakaran terjadi pada bangunan rumah tinggal semi permanen di kawasan pemukiman penduduk Kampung Muka di Jalan Kencur RT003/RW004 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sudah mengerahkan  18 unit pemadam wilayah gabungan (delapan unit Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, tujuh unit Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, dan tiga unit Sudin Gulkarmat Jakarta Barat) beserta 90 personel.

Petugas langsung melokalisir api untuk menghentikan kemungkinan api merambat ke objek lain di sekitarnya.

Namun api telah berkobar begitu cepat hingga membakar sedikitnya 30 petak rumah warga.

Kepala Sektor Pademangan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Sugiman mengatakan petugas pemadam wilayah gabungan berjibaku menyemprotkan api dengan sumber air dari  kali yang berada di dekat lokasi kebakaran.

Api yang berkobar sekitar pukul 13.30 WIB akhirnya bisa dipadamkan sekira pukul 14.30 WIB.

Hasil pendataan sementara menyebut sedikitnya 30 petak rumah warga yang terbakar, di mana sebagian ditinggal mudik oleh pemiliknya.

"Ini yang terbakar bangunan rumah petak, ini ada 30 KK, 120 jiwa, rumah 30 petak," kata Sugiman.

"Bangunannya sendiri rumah petak, kebanyakan dari triplek, jadi cepat merambat," sambungnya.

Adapun hingga kini penyebab pasti kebakaran masih diselidiki, namun berdasarkan keterangan sementara dari warga, kebakaran diawali adanya korsleting listrik dari salah satu rumah yang ditinggal mudik.

Kebakaran ini tidak sampai memakan korban jiwa, meski begitu ada seorang warga yang mengalami luka ringan pada saat proses pemadaman.

Sedangakan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 1 Jakarta Eva Chairunnisa saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa, mengatakan kebakaran tersebut tidak mengganggu  perjalanan kereta api yang melintasi Stasiun Jakarta-Kota.
Baca juga: Polres Pelabuhan Tanjung Priok hibur anak-anak korban kebakaran
Baca juga: Warga DKI Jakarta diminta mitigasi kebakaran saat mudik
Baca juga: Menaker: Pemahaman cegah kebakaran bagi masyarakat Jakarta penting

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023