Jakarta (ANTARA) - Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan menyebut arus balik Lebaran 2023 di tol fungsional Cipali-Cisumdawu berjalan lancar.

"Secara umum situasi arus lalu lintas, terutama yang menuju arah Jakarta, cukup terkendali dan lancar," kata Aan dalam keterangannya usai memeriksa kondisi arus di ruas Tol Cisumdawu hingga Cileunyi, Selasa.

Aan melakukan patroli keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas arus balik Idul Fitri 2023 dengan menggunakan motor patroli jalan raya.

Patroli dimulai dengan menyusur ruas arteri Cirebon, dilanjutkan dengan mengecek situasi satu arah di ruas Tol Cipali-Palimanan dan kondisi arus di ruas Tol Cisumdawu hingga Cileunyi.

Selasa (25/4), tol fungsional Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dibuka sampai pukul 17.00 WIB untuk arus balik Lebaran 2023.​​​​​​​

Baca juga: Tol Cisumdawu mulai bisa digunakan arus balik ke arah Bandung

Aan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan tol fungsional Cisumdawu karena selain situasinya lancar, kondisi jalannya juga sudah cukup baik. Petunjuk arah rambu-rambu lalu lintas pun sudah memadai di tol tersebut.

"Sayang jika tidak dimanfaatkan untuk para pemudik yang akan kembali ke Bandung atau ke Jakarta menghindari kepadatan di Cipali, itu bisa menggunakan tol Cisumdawu," katanya.

Dia mengatakan pelaku perjalanan yang hendak menuju Jakarta atau Bandung dapat memanfaatkan tol fungsional Cisumdawu. Tol fungsional Cisumdawu dapat diakses melalui dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama melalui ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Tol fungsional Cisumdawu sampai dengan Cimalaka. Cimalaka melalui Cileunyi arus masih cukup lancar," ujar Aan.
​​​​​​​
Baca juga: Polri minta warga manfaatkan Tol Cisumdawu guna urai arus balik Cipali
​​​​​​​
Baca juga: Arus mudik di Tol Cisumdawu meningkat pesat pada H-3 Lebaran 2023


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023