San Francisco (ANTARA News) - Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation), selaku pengelola situs Wikipedia.org, mampu mengumpulkan donasi sebesar 25 juta dolar AS sepanjang 2012 dari para pembacanya dalam kampanye donasi tahun ke-9.

"Saya berterimakasih karena pengumpulan dana Wikipedia berjalan sukses. Para pendukung kami hebat dan tanpa mereka kami tidak dapat melakukan pekerjaan memberikan konten gratis ke seluruh dunia," kata Direktur Eksekutif Wikimedia Foundation, Sue Gardner, dalam siaran pers di situs resminya.

Wikimedia mendapatkan donasi dari 1,2 juta pendonor di lima negara yang menggunakan bahasa Inggris pada wikipedia seperti AS, Kanada, Inggris Raya, Australia, dan Selandia Baru.

Wikimedia menyebut donasi itu digunakan untuk merawat infrastruktur server, mendukung proyek-proyek global untuk meningkatkan jumlah editor, memperbaiki dan mempermudah piranti lunak, dan membuat Wikipedia terakses secara global kepada miliaran orang yang baru saja mengakses Internet.

"Meskipun pendonor adalah bagian penting dari kesuksesan Wikipedia, kontributor relawan merupakan jantung dari ensiklopedia terbesar di dunia ini," sebut Wikimedia.

Pada 2013, Wikimedia menargetkan penambahan editor aktif sebanyak seribu orang dari jumlah editor pada 2012 sebanyak 85 ribu orang.

Yayasan itu juga menargetkan sekitar empat miliar halaman versi mobile terakses setiap bulan pada Juni 2013 dengan sekitar 15 persennya dari negara-negara berkembang.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012