Adanya tol fungsional itu, masyarakat sangat terbantu mengurangi kepadatan arus lalu lintas di simpang Tugu Kartasura sekitar 50 persen
Karanganyar (ANTARA) - Kendaraan yang melintas di Tol Fungsional Yogyakarta-Solo dari Sawit Boyolali menuju Gerbang Tol Ngasem Colomadu Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, Rabu atau H+4 Lebaran mengalami penurunan.

Berdasarkan pantauan arus balik yang keluar dari tol fungsional menuju Gerbang Pintu Tol Ngasem Colomadu Karanganyar hingga pukul 14.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintas terlihat masih padat lancar, tetapi dibanding hari sebelum ada penurunan yang cukup signifikan.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Karanganyar Ipda Marindra Prasetya selaku perwira pengendali Pospam Exit Tol Ngasem Colomadu Karanganyar, mengatakan bahwa kondisi arus balik kendaraan yang melintas dari tol fungsional menuju gerbang tol Ngasem Colomadu Karanganyar mengalami penurunan dibanding hari sebelumnya atau H+3 Lebaran.

Baca juga: Tol Fungsional Jogja-Solo di Boyolali dioperasikan untuk arus balik

"Kami bersinergi dari Pospam Exit Tol Ngasem Karanganyar dan Polres Boyolali arus lalu lintas tol Yogyakarta-Solo dari Sawit Boyolali menuju gebang tol Colomadu sejauh 6 Km diperlakukan satu arah sejak Selasa (25/4) mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB hingga Rabu mengalami penurunan jumlah kendaraan yang melintas," katanya.

Jumlah kendaraan yang melintas tol fungsional pada arus balik, pada Selasa (25/4), mencapai 7.273 kendaraan dan Rabu ini, hingga pukul 14.00 WIB mencapai 4.876 kendaraan atau menurun cukup signifikan atau sekitar 2.397 kendaraan.

Jalur arus lalu lintas jalan alteri atau nasional juga mengalami penurunan terutama dari arah Kartasura Sukoharjo menuju gerbang tol Colomadu Karanganyar. Begitu juga arus lalu lintas dari Boyolali menuju Kartasura juga mengalami penurunan. Karena, masyarakat dengan adanya tol fungsional dari arah Sawit Boyolali menuju Gerbang Tol Colomadu ini.

Dia menyampaikan jumlah kendaraan arus balik pada Selasa (25/4), atau H+3 Lebaran ada penambahan sedikit, sehingga petugas di lapangan mengadakan pengaturan manual dari simpang tiga Ngasem menuju simpang empat Ngasem masuk gerbang tol Colomadu karena ada peningkatan arus lalu lintas yang keluar dari tol fungsional.

Dia mengatakan dampak difungsikan jalur Tol Yogyakarta-Solo sangat besar terutama kendaraan dari arah Yogya, Klaten dan arah Sawit bisa menggunakan tol fungsional itu, sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi kepadatan di simpang tugu Kartasura. Penurunan kepadatan kendaraan yang sering terjadi di simpang Tugu Kartasura mencapai sekitar 50 persen.

"Adanya tol fungsional itu, masyarakat sangat terbantu mengurangi kepadatan arus lalu lintas di simpang Tugu Kartasura sekitar 50 persen," katanya.

Sementara itu, kendaraan arus balik yang melintas tol Semarang-Solo-Ngawi dari Solo hingga Boyolali terlihat kepadatan berkurang dan berjalan lancar. Kendaraan yang melintas terlihat dengan kecepatan mulai 60 km per jam hingga 80 km per jam. Sebagian besar kendaraan mengarah ke barat (Jakarta), sedangkan yang mengarah timur (Surabaya) lebih sedikit. 

Baca juga: Meningkat, jumlah pemudik lewat jalur tol fungsional Solo-Yogya
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023