Banda Aceh (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh melakukan empat operasi SAR  pencarian dan penyelamatan selama siaga Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 berlangsung.

"Ada empat operasi SAR yang kami laksanakan sepanjang siaga Idul Fitri 1444 Hijriah di sejumlah wilayah Provinsi Aceh," kata Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain di Banda Aceh, Rabu.

Adapun empat operasi SAR tersebut, kata Ibnu Harris, yakni operasi pencarian dan penyelamatan seorang nelayan hilang di perairan Kepulauan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, pada 12 dan 13 April 2023. Dalam operasi tersebut, korban ditemukan dalam keadaan selamat.

Kemudian, operasi pencarian dan penyelamatan seorang warga yang hilang di Sungai Alas, Kabupaten Aceh Tenggara pada 22 hingga 25 April 2023. Korban ditemukan meninggal dunia.

Baca juga: Ratusan personel disiagakan Basarnas Banda Aceh pada mudik Idul Fitri

Baca juga: Basarnas evakuasi jenazah ABK asing di perairan Aceh Besar


Berikutnya, operasi pencarian dan penyelamatan seorang warga yang tenggelam di Krueng Tiro, Kabupaten Pidie, pada 24 April 2023. Korban ditemukan meninggal dunia.

"Serta operasi penyelamatan kecelakaan truk di kawasan Lamreh, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (25/4). Korban meninggal dunia sebanyak empat orang dan dua puluhan lainnya mengalami luka-luka," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Ibnu Harris mengatakan pihak hingga kini masih melaksanakan siaga SAR hingga H+10 Idul Fitri 1444 Hijriah. Personel yang dilibatkan dalam siaga SAR tersebut sebanyak 112 orang, tersebar di tujuh pos di Aceh, yakni Banda Aceh, Meulaboh, Kutacane, Langsa, Sabang, Bireuen, dan Takengon.

Selain siaga di tujuh pos tersebut, kata Ibnu Harris, Basarnas Banda Aceh juga mengintensifkan patroli, baik di darat maupun di laut. Termasuk patroli memantau tempat-tempat wisata serta lokasi keramaian masyarakat lainnya.

"Selain itu, kami juga akan memantau pelayaran kapal antara daratan Aceh dengan Pulau Simeulue. Kesiapsiagaan ini kami lakukan untuk memastikan keselamatan masyarakat yang mudik lebaran di daerah masing-masing," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Baca juga: Basarnas siagakan 92 personel untuk operasi lebaran di Aceh
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023