Jakarta (ANTARA) - "Training Camp" (TC) atau pemusatan latihan tahap kedua bagi Timnas Basket 3x3 kini tinggal menyisakan enam pemain dari sebelumnya sembilan pemain di TC tahap pertama untuk persiapan SEA Games Kamboja, 5-17 Mei.

Nama-nama pemain yang dipanggil PP Perbasi adalah Muhamad Reza Fahdani Guntara (Prawira Harum Bandung), Avan Seputra (Satria Muda), Ikram Fadhil (Bima Perkasa Jogjakarta), Laurentius Steven Oei (Satria Muda), Karl Patrick Utiarahman Gloria (RANS PIK Basketball), dan Nickson Damara Gosal (West Bandits Solo).

TC tahap kedua merupakan lanjutan dari tahap pertama yang berlangsung pada 5-19 April. Saat itu, terdapat sembilan pemain yang mengikuti pemusatan latihan. Selain enam nama di atas juga ada Anthony Erga, Agus Salim, dan Kevin Moses Poetiray. Pada TC tahap kedua, tiga nama terakhir tidak diikutsertakan.

"Kami harus berpacu dengan waktu untuk menyiapkan tim yang solid menghadapi persaingan di SEA Games Kamboja nanti. Mohon doanya timnas 3x3 bisa menyumbang medali perak di SEA Games nanti," kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan pers.

Baca juga: CdM SEA Games 2023 pantau pelatnas tahap kedua bola basket 3x3 putra

Asisten Manajer Timnas 3x3 Putra Alfa Hari Kusumanegara menambahkan fokus TC tahap kedua adalah memadukan komposisi pemain dengan sistem yang dibuat Pelatih Kepala Fandi Andika Ramadhani, terutama pada pola serangan dan pertahanan.

"Pada TC tahap kedua ini kami akan fokus memantapkan sistem offense dan defense kepada para pemain. Mereka harus padu dengan sistem yang dibuat Coach Rama," jelas Alfa.

Dia mengatakan para pemain juga akan digenjot untuk meningkatkan akurasi agar mereka menjadi mesin poin andalan di berbagai situasi dan posisi.

"Meningkatkan dan memantapkan field goal baik tembakan satu poin maupun dari dua poin juga menjadi perhatian kami. Kemungkinan kami akan melihat progres pemain dengan menggelar uji coba melawan tim yang diisi pemain asing di Indonesia," ucapnya.

Untuk menghadapi rivalitas di SEA Games Kamboja, Alfa menegaskan bahwa Timnas 3x3 Putra selalu siap dalam menghadapi tim manapun. Pada SEA Games nanti mereka ditargetkan minimal bisa membawa pulang medali perak.

"Kami belum tahu akan satu grup dengan siapa saja, tapi kami harus mewaspadai tuan rumah, Malaysia , Filipina, Singapura, dan Vietnam. Besar harapan kami kepada masyarakat Indonesia untuk mendukung kami diperhelatan SEA Games 2023 ini, mohon doa dan dukungannya," kata Alfa.

Baca juga: Timnas Basket 3x3 diharapkan raih medali di SEA Games 2023
Baca juga: Timnas Basket 3x3 cari "chemistry" pemain untuk sukses di SEA Games

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023