Jakarta (ANTARA) - Pebalap Aston Martin Fernando Alonso mengaku bersemangat untuk menghadapi balapan Sprint pada Grand Prix Azerbaijan yang akan digelar di Sirkuit Baku, akhir pekan ini.

"Senang bisa kembali setelah beberapa pekan absen dari balapan. Saya telah mengisi ulang baterai setelah awal musim yang memacu adrenalin dan sekarang saya menantikan balapan di Baku," kata Alonso, dikutip dari laman resmi Formula 1, Kamis.

"Saya juga senang melihat kembalinya Sprint akhir pekan ini. Kami telah melihat beberapa balapan yang menyenangkan di masa lalu di (sesi) itu dan saya yakin perasaan itu tidak akan jauh berbeda, terutama sekarang dengan dua sesi kualifikasi dan dua balapan," imbuhnya.

Lebih lanjut, pebalap Spanyol itu mengatakan cukup optimistis menghadapi putaran keempat F1 kali ini, mengingat ia telah mengoleksi tiga podium dari tiga balapan pada awal musim.

Namun, ia tak menampik bahwa Sirkuit Baku merupakan salah satu sirkuit yang unik dan menantang, sehingga ia dan tim perlu mempersiapkan diri dengan matang agar bisa bersaing dengan pebalap dan tim balap lainnya.

Baca juga: F1 perkenalkan format baru balapan Sprint di GP Azerbaijan

"Sirkuit ini memberi tantangan unik bagi para pebalap karena kami menghadapi banyak ruas jalan yang sempit dengan kecepatan lambat dan kemudian jalan lurus dengan kecepatan sangat tinggi yang menciptakan banyak peluang berisiko sekaligus kemenangan," ungkap Alonso.

Sementara itu, rekan setimnya, Lance Stroll juga mengaku sangat bersemangat untuk kembali balapan di tempat dia pernah menjadi peraih podium F1 termuda kedua pada 2017.

"Mengingat awal musim yang kuat, saya tidak sabar untuk kembali ke sana. Baku adalah tempat yang menyimpan kenangan indah – saya meraih podium pertama di Formula 1 pada 2017 – dan kami memasuki akhir pekan ini dengan harapan dapat melanjutkan performa awal musim kami yang baik," kata Stroll.

"Kami juga akan mengadakan Sprint pertama tahun ini dengan format baru yang menurut saya akan bagus untuk para penggemar. Kami harus bekerja keras karena hanya ada sedikit waktu untuk mempersiapkan kualifikasi dan balapan. Tetapi tim telah melakukan pekerjaan yang fantastis tahun ini jadi saya tahu kami siap menghadapinya," imbuhnya.

Baca juga: Audi ungkap rencana untuk uji mesin F1 baru pada akhir tahun
Baca juga: Russell sebut Mercedes telah beri peningkatan pada W14

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023