Kami perkirakan puncak arus balik di pelabuhan di Banjarmasin hari ini yakni lima hari setelah lebaran.
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Sub Bagian Umum dan Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Deni Hendra Mulyadi mengatakan bahwa puncak arus balik jalur laut di Banjarmasin terjadi pada hari ini, Kamis.

“Kami perkirakan puncak arus balik di pelabuhan di Banjarmasin hari ini yakni lima hari setelah lebaran,” katanya di Banjarmasin.

Deni menuturkan, perkiraan itu berdasarkan data jumlah penumpang yang diperolehnya dari operator berdasarkan jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang berangkat menuju Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Baca juga: KSOP Palu prediksi puncak arus balik 5 dan 6 Mei

Hari ini jumlah penumpang arus balik di pelabuhan diperkirakan mencapai 1.500 orang dan bahkan bisa lebih. “Kemarin saja sudah ada dua kapal yang bersandar di pelabuhan dengan jumlah penumpang turun mencapai 1.100 orang,” ucap dia.

Kapal Dharma Kartika IX sandar di Pelabuhan Trisakti pada Rabu sekitar pukul 15.30 Wita dan pada malam hari disusul Kapal Niki Sae yang sandar sekitar pukul 22.00 Wita.

Deni menyebut Kapal Dharma Rucitra I yang membawa penumpang sekitar 1.200 orang dijadwalkan sandar pada Kamis pukul 15.00 Wita, sedangkan Kapal Mila Utama sandar pada pukul 21.00 Wita dengan estimasi jumlah penumpang 200 hingga 300 orang.

Baca juga: KSOP buka posko kesehatan berikan pelayanan terbaik bagi pemilir

Sementara itu, ia mengatakan Kapal Dharma Rucitra I merupakan kapal terbesar yang dioperasikan pada pelayanan arus balik di Pelabuhan Trisakti.

Penyesuaian jadwal keberangkatan kapal merupakan kewenangan operator kapal melalui koordinasi dengan KSOP.

Deni memaparkan, pihaknya belum dapat memastikan total jumlah penumpang kapal pada arus balik jalur laut hingga saat ini, namun ia perkirakan hari ini akan terjadi lonjakan penumpang yang turun di Pelabuhan Trisakti.

Ia menyebutkan, petugas di pelabuhan akan tetap membuka pelayanan dan pengawasan arus balik hingga 10 hari ke depan sesuai dengan instruksi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023