Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin mencatat sebanyak 4.589 pemudik menyeberang ke Pulau Jawa pada libur Natal 2023.

“Ada lima kapal yang kami operasikan. Hingga H-1 Natal, sudah ada 13 kali pelayaran menyeberang dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” kata Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Minggu malam.

Dia menyebutkan data tersebut tercatat mulai 18 Desember 2023, dengan rincian lima hari pelayaran yakni tanggal 8, 19, 20, 21, dan 23. Sedangkan tanggal 22 dan 24 tidak ada aktivitas pelayaran pemudik Natal.

“Aktivitas pelayaran dari Banjarmasin ke Surabaya berjalan dengan tertib, aman, dan kondusif,” ucapnya.

Selain penumpang kapal, muatan seperti kendaraan didominasi kendaraan truk berkisar antara 100-200 unit per kapal, lalu kendaraan roda dua dan roda empat berkisar puluhan unit.

Agustinus mengimbau seluruh pemudik selalu berhati-hati dalam perjalanan, khususnya saat berada di atas kapal agar tetap waspada dan menjaga seluruh barang bawaan.

KSOP Kelas I Banjarmasin membuka pos koordinasi angkutan laut selama libur Natal dan tahun baru mulai pada 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

Selama posko dibuka, KSOP Banjarmasin menyediakan fasilitas layanan kesehatan baik pada arus mudik hingga arus balik nanti, satu unit ambulan milik Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar juga disiapkan 1x24 jam untuk mengantisipasi kondisi kesehatan para pemudik Natal di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Saya meminta para penumpang kapal tetap mematuhi aturan di pelabuhan, dan tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, dan selalu menjaga kebersihan,” ujar Agustinus.

Baca juga: KSOP Banjarmasin siapkan lima kapal roro sambut Natal-tahun baru

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023