KNP 382 ini juga akan membantu pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
Banjarmasin (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan kapal patroli laut KNP 382 kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kapal KNP 382 ini berbahan aluminium, dibangun pada 2023 menggunakan APBN 2022/2023, ini digunakan untuk meningkatkan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran di wilayah perairan KSOP Banjarmasin,” kata Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Rabu.

Ia menyebutkan KNP 382 merupakan kapal kelas tiga KPLP yang dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2 x 1.900 BHP dilengkapi dengan Engine Control Room, mampu menghasilkan kecepatan 26 knot per jam dengan 2.300 RPM, menampung 18 crew, alat penunjang SAR, peralatan navigasi lengkap, ruang senjata dan ruang tahanan.

“KNP 382 ini juga akan membantu pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ucapnya.
Kapal KNP 382 (kanan) dari Kemenhub saat bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (20/12/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Dia menuturkan KNP 382 berlayar dari Jakarta dan baru tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Selasa (19/12) sekitar pukul 20.00 Wita.

Agustinus menjelaskan KNP 382 menjadi kapal pengawas yang ketiga, dua kapal lainnya yakni KNP 362 dan KNP 5222.

KSOP Banjarmasin dalam menjalankan fungsi pengawasan pelayaran meliputi perbatasan, di batas Selatan di area konsesi terminal terapung perairan Tabuneo, di Utara area perbatasan antara Kabupaten Barito Kuala dengan Kalimantan Tengah.

Ia berharap dengan tambahan kapal itu, pengawasan pelayaran kapal semakin meningkat demi keselamatan dan kelancaran arus barang maupun penumpang di perairan KSOP Banjarmasin.

“Selama KSOP Banjarmasin melaksanakan pengawasan pelayaran, belum pernah terjadi pelanggaran yang signifikan, sehingga arus barang dan penumpang di Pelabuhan Trisakti berjalan dengan lancar,” ujar Agustinus.

Baca juga: KSOP Banjarmasin siapkan lima kapal roro sambut Natal-tahun baru
Baca juga: Kemenhub wajibkan kapal tongkang batu bara miliki sertifikat khusus

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023