Pekanbaru (ANTARA News) - PT Pertamina mengapresiasi pelaksanaan perayaan pergantian tahun dengan acara malam bebas kendaraan bermotor atau "Car Free Night" di berbagai jalan protokol kota-kota besar di Tanah Air, karena hal itu berpotensi menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM).

"Potensi penghematan BBM bersubsidi cukup signifikan saat diberlakukannya car free night nanti malam," kata Assistant Customer Relation-FRM Region I Pertamina, Sonny Mirath, per telepon kepada ANTARA Pekanbaru, Senin.

Oleh karena itu, Pertamina sangat mengapresiasi pemerintah daerah dan kepolisian yang melakukan "car free night" saat malam tahun baru.

"Namun berapa persen penghematan BBM bersubsidi ketika diberlakukannya car free night, baru akan diketahui ketika program ini rampung dilaksanaan," kata dia.

Sonny menjelaskan, potensi penghematan BBM berubsidi ini sangat besar ketika masyarakat benar-benar mendukung program "car free night" itu dengan baik.

Namun jika ternyata masyarakat banyak mengalihkan malam tahun barunya ke kota-kota lainnya yang tidak melakukan kegiatan "car free night", maka penghematan BBM mungkin hanya sedikit saja.

"Car free night" atau malam bebas kendaraan bermotor tidak hanya diberlakukan di Jakarta, namun sejumlah kota besar lainnya termasuk Pekanbaru, Riau.
(KR-FZR)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012