Terkadang masih ada yang tidak terlalu paham dengan penggunaan gawai dan harus memesan tiket pesawat mendadak, jadi kami menyediakan secara langsung.
Jakarta (ANTARA) - Dua maskapai penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma (HLP)  Jakarta yakni Batik Air dan Citilink melayani pembelian tiket pesawat secara langsung pada hari biasa maupun selama momen Hari Raya Lebaran 2023.

Layanan tersebut diperuntukkan bagi para calon penumpang yang mendadak harus membeli tiket pesawat mendekati jam keberangkatan maupun yang tidak mengerti membeli tiket pesawat secara daring.

"Terkadang masih ada yang tidak terlalu paham dengan penggunaan gawai dan harus memesan tiket pesawat mendadak, jadi kami menyediakan secara langsung," ungkap Wida, salah satu Customer Service Maskapai Batik Air di Bandara Halim di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Bandara Halim kerahkan 30 petugas amankan arus milir Lebaran 2023

Ia menjelaskan pembelian tiket pesawat secara langsung melalui customer service atau bagian pelayanan pelanggan maskapai di bandara bisa dilakukan maksimal 30 menit sebelum penerbangan.

Maka dari itu, pembelian tiket secara langsung di bandara bisa menjadi alternatif bagi calon penumpang yang membutuhkan tiket pesawat mendadak lantaran pembelian tiket pesawat secara daring hanya bisa dilakukan maksimal tiga jam sebelum penerbangan.

Selain menjual tiket pesawat, bagian pelayanan pelanggan maskapai di bandara juga membantu para penumpang yang ingin mengubah waktu penerbangan, mengalami permasalahan dengan penerbangan, hingga mengecek validitas tiket pesawat yang dibeli dari agen perjalanan.

"Kebanyakan yang datang memang yang bermasalah penerbangannya, mereka memilih datang langsung dibanding menghubungi pelayanan pelanggan melalui sambungan telepon agar lebih jelas," tuturnya.

Ditemui dalam kesempatan yang berbeda, Customer Service Maskapai Citilink di Bandara Halim Ardi menyebutkan pembelian tiket pesawat Citilink secara langsung masih cukup diminati meski kian menurun semenjak pandemi COVID-19.

Baca juga: Menhub: harga tiket pesawat selama arus mudik masih dalam batas wajar

Namun tingginya minat pembelian tiket tersebut cenderung terjadi pada saat hari biasa karena pada momen hari raya seperti Lebaran, tiket pesawat cenderung habis dengan cepat.

"Masih ada penjualan tiket langsung per hari kira-kira minimal 10 tiket jika masih ada ketersediaan," ucap Ardi.

Bagian pelayanan maskapai untuk pelanggan yang melayani pembelian tiket hingga keluhan di Bandara Halim buka setiap hari mulai pukul 04.00 WIB - 18.00 WIB. Maskapai yang menyediakan penerbangan regular dari bandara tersebut hanya Batik Air dan Citilink.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023