Hari ini relatif menurun jumlahnya dibandingkan kemarin
Jakarta (ANTARA) - Arus balik warga ke ibu kota yang menggunakan sepeda motor menuju Jakarta relatif masih stabil atau terkendali, berdasarkan pemantauan Pos Pengamanan dan Pelayanan Lebaran di Mega Bekasi Hypermall, Kamis.

"Belum ada penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan," ujar Kepala Pos Pengamanan dan Pelayanan Lalu Lintas di Mega Bekasi, Hypermall Iptu LS Irfandi saat ditemui, Kamis.

Berdasarkan data pemantauan arus balik, ia mengemukakan, hingga pukul 15.00 WIB sebanyak 838 kendaraan roda dua dari arah Karawang, Jawa Barat menuju Jakarta via Bekasi.

"Hari ini relatif menurun jumlahnya dibandingkan kemarin (26/4) yang sebanyak 1.519 kendaraan hingga 15.00 WIB," paparnya.

Sejak kemarin, ia menambahkan volume kendaraan, baik roda empat maupun roda dua cenderung mengalami peningkatan menjelang malam hari hingga dini hari.

"Mungkin karena menghindari panas di siang hari, jadi mereka (pemilir) cenderung datang dini hari," tuturnya.

Menurut dia, sejak pagi hingga sore hari ini terlihat hanya warga setempat yang melintas untuk memanfaatkan hari libur Lebaran mengunjungi pusat perbelanjaan atau mal.

Baca juga: Pergerakan pemilir sepeda motor di Kalimalang masih landai hingga sore

Baca juga: Pospam Bekasi: Arus kendaraan menuju Jakarta sudah normal


Ia memprediksi arus balik Lebaran dengan kendaraan roda dua menuju Jakarta yang melewati Kalimalang terjadi pada 30 April dan 1 Mei 2023.

Ia mengimbau agar pemilir yang akan kembali ke Jakarta untuk tetap menaati peraturan dan arahan petugas yang ada di lapangan.

"Dan jaga kondisi, kalau ngantuk atau lelah lebih baik istirahat demi keselamatan bersama," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik kedua pada Minggu (30/4) dan Senin (1/5).

Oleh karena itu, Menhub meminta masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai Kamis (27/4), Jumat (28/4), dan Sabtu (29/4).

Ia mengharapkan penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik.

"Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insya Allah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud," ucapnya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023