Konvoi silakan saja dilakukan, asalkan tidak mengganggu arus lalu lintas dan tertib,"
Bandung (ANTARA News) - Polrestabes Bandung menyiapkan personil di sejumlah ruas jalan utama Kota Kembang untuk mengantisipasi konvoi kendaraan pada saat detik-detik pergantian tahun, Senin (31/12) tengah malam.

"Konvoi silakan saja dilakukan, asalkan tidak mengganggu arus lalu lintas dan tertib," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Abdul Rahman Baso di Bandung, Senin.

Menurut Kapolrestabes, konvoi kendaraan dipastikan dilakukan warga Bandung, dan pihaknya meminta agar rute yang dilintasi tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Ia menyebutkan, penggunaan kendaraan sepeda motor pada malam hari tetap diwajibkan menggunakan helm pengamanan baik pengendara maupun yang dibonceng serta membawa kelengkapan kendaraan seperti surat-surat kendaraan.

"Tidak ada toleransi untuk kelengkapan dan alat keselamatan bersepeda motor, gunakan helm dan kendaraan harus standar. Kami siap tindak tegas bila ada pengendara yang ugal-ugalan," katanya.

Polrestabes Bandung menggelar Apel Siaga pada Senin siang yang diikuti oleh sejumlah satuan di lingkungan kepolisian Kota Bandung itu .

Pengamanan selain dilakukan di jalan raya dan titik kepadatan arus lalu lintas, juga dilakukan di sejumlah obyek vital, mall serta gereja yang digunakan untuk misa dan kebaktian Malam Tahun Baru 2013.

Selain itu patroli mobile dilakukan baik oleh petugas berseragam maupun tidak berpakaian preman untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas atau kriminalitas pada malam pergantian tahun itu.

"Ancaman kamtibmas kita antisipasi, terutama aksi kriminalitas, pencurian dengan kekerasan maupun pemberatan serta lainnya," katanya .

Sementara itu di malam pergantian tahun di Kota Bandung akan diberlakukan "car free night" atau jalur bebas kendaraan di sepanjang Jalan Juanda Kota Bandung. Polrestabes Bandung melakukan pengamanan khusus di jalur bebas kendaraan itu termasuk menyiapkan kawasan parkir kendaraan di sejumlah titik yang telah ditentukan.

Kawasan "car free night" akan menjadi pusat konsentrasi massa pada malam tahun baru di Kota Bandung, selain itu juga di Monumen Perjuangan Rakyat Jabar dan di kawasan Gasibu.

(S033/Y008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012