Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat 50 persen dari puluhan ribu penyintas gempa yang masuk dalam daftar penerima bantuan pembangunan rumah kembali sudah melakukan pembangunan secara mandiri dan melalui pihak ketiga.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Kamis, mengatakan warga korban gempa yang sudah masuk dalam daftar penerima bantuan sebanyak 87 ribu orang tersebar di sejumlah kecamatan yang terdampak gempa 5.6 magnitudo yang mengguncang Cianjur, Senin (21/11/2022).

"Untuk jumlah warga yang sudah membangun kembali rumahnya dari dana bantuan pemerintah sekitar 50 persen atau di angka 44 ribu rumah. Untuk yang membangun secara mandiri dan melalui pihak ketiga jumlahnya hampir sama 50 persen," katanya.

Bupati Cianjur menjelaskan, pihaknya sejak jauh hari sudah mendorong pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mempercepat pencairan bantuan untuk korban gempa Cianjur agar dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

Namun pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan pencairan bantuan dapat tuntas dilakukan karena menurut dia, warga yang belum terdata tetap dapat mengajukan permohonan untuk mendapat bantuan pembangunan rumah yang nantinya di masukan ke penerima tahap IV dan V.

"Kami belum bisa memastikan sampai kapan target tuntas-nya namun kami harap semua warga korban gempa mendapat bantuan pembangunan rumah kembali. Kami akan terus mendorong pemerintah pusat segera membantu korban gempa Cianjur membangun kembali rumahnya," kata Herman.

Herman menegaskan meski sudah terdata sebanyak 87 ribu penerima bantuan rumah dari pemerintah, pihaknya tetap meminta aparat kecamatan dan desa mengajukan rumah warga yang belum terdata atau rumah yang mengalami perubahan kerusakan akibat gempa susulan.

"Saya minta semua warga korban gempa yang belum terdata dapat mengajukan melalui dinas penghubung di masing-masing desa atau melalui aparatur kecamatan dan desa setempat," katanya.

Baca juga: Pemprov Jawa Barat kawal pencairan dana stimulan korban Gempa Cianjur
Baca juga: Kemenparekraf bantu bagi korban gempa Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023