Semoga kegiatan ini bermanfaat dan semoga peserta program Balik Mudik Gratis ini sampai di tujuan masing masing dan bisa lanjut bekerja di tempat perantauan dalam keadaan sehat
Situbondo (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Situbondo memfasilitasi warga kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, dengan menyediakan armada bus program Balik Mudik Gratis Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto melepas keberangkatan rombongan balik mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo tujuan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Jember.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan semoga peserta program Balik Mudik Gratis ini sampai di tujuan masing masing dan bisa lanjut bekerja di tempat perantauan dalam keadaan sehat," ujar AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto kepada wartawan di Situbondo, Jatim, Kamis.

Warga kepulauan Kabupaten Sumenep, maupun warga Situbondo yang memanfaatkan program Balik Mudik Gratis Polres Situbondo, ini tercatat sebanyak 180 orang, terdiri dari 150 orang dengan kendaraan bus tujuan Pelabuhan Ketapang dan kendaraan minibus sebanyak 30 orang tujuan Jember.

"Para peserta balik mudik gratis ini didominasi oleh warga dari kepulauan Kabupaten Sumenep, yang akan kembali ke tempat kerja masing-masing atau perantauan di Banyuwangi, Jember, Bondowoso dan juga Pulau Bali," kata dia.

Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Suwarno mengatakan layanan bus gratis bagi warga asal kepulauan di Sumenep, yang menyeberang melalui Pelabuhan Jangkar Situbondo, ini berlangsung mulai hari ini hingga 29 April mendatang.

"Ini program Polri yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada warga yang akan kembali bekerja usai mudik Lebaran," kata AKP Suwarno.

Layanan arus balik gratis ini dilaksanakan mulai hari ini hingga 29 April 2023, masyarakat bisa mendaftar melalui nomor telepon dua orang petugas Polres Situbondo, yakni Bripda Pol Yoga 081353742519, dan Bripda Pol Risky 082131608588.

AKP Suwarno mengemukakan bahwa layanan ini merupakan wujud kepedulian dan dukungan pihak kepolisian kepada masyarakat kepulauan, dalam rangka memudahkan mereka yang ingin kembali ke tempat kerjanya di Pulau Bali, dan sebagian di Jawa.

Sementara itu, Sadili, salah seorang peserta program Balik Mudik Gratis mengucapkan terima kasih kepada Polres Situbondo karena sangat membantu.

"Terimakasih kepada Pak Kapolres Situbondo, kegiatan balik mudik gratis ini sangat meringankan dan menyenangkan kami," ujar dia.

Baca juga: Polres Situbondo sediakan tambal ban gratis di jalur pantura

Baca juga: Polres Situbondo pasang spanduk imbauan mudik aman di jalur Pantura

 

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023