Jakarta (ANTARA) - Chef Juna dan Chef Renatta menjelajahi kuliner khas Sunda dan Betawi di musim kedua "KISARASA - Kenali Kisah Dibalik Rasa", sebuah serial dokumenter yang dihadirkan bersama Dailybox Group untuk mengupas sisi lain dari aneka kuliner khas Indonesia.

"Pada season kedua, KISARASA akan mengungkap kisah di balik kuliner Jawa Barat dan DKI Jakarta. Saya sangat familiar dengan daerah Jawa Barat karena saya dibesarkan oleh keluarga keturunan Sunda,” kata Chef Renatta melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat.

Cianicolay dari Jade Fifty Production yang merupakan sutradara KISARASA menambahkan, musim kedua ini merupakan tindak lanjut atas antusiasme para penonton KISARASA di musim pertama. Sejak penayangan episode pertama, sebanyak 8,5 juta orang sudah menonton kisah di balik rasa kuliner Nusantara.

Baca juga: Chef Juna luncurkan menu khas Jawa Barat untuk Dailybox

Ia juga mengatakan musim kedua ini bertujuan agar kuliner khas Sunda dan Betawi tidak terpinggirkan dan kalah saing dengan kuliner luar negeri yang banyak bermunculan.

"Kuliner khas Betawi dan Sunda, selain nikmat juga kaya akan sejarah," imbuh Cianicolay.

Episode perdana KISARASA musim kedua akan mengupas dunia peracian khas Sunda dengan mengunjungi salah satu pabrik pengolahan aci terbesar di Bandung.

Daerah Jawa Barat sendiri memang terkenal dengan beragam olahan kuliner yang terbuat dari aci seperti cilor, cibay, cimin, dan masih banyak lagi.

Chef Juna mengatakan, kuliner aci dikenal sebagai kuliner murah meriah. Namun ternyata, ada kisah panjang di balik kuliner tersebut.

"Membuat tepung singkong itu prosesnya ternyata rumit. Banyak orang dan mesin yang terlibat, hingga tantangan produksi saat musim hujan serta adanya ancaman hama landak," tutur Chef Juna.

Melihat kisah produksi yang sangat panjang itu, Chef Juna pun menyarankan agar masyarakat tidak berlebihan ketika jajan olahan aci. Selain itu, hal tersebut juga penting agar tidak ada sisa makanan yang berpotensi menjadi sampah.

Untuk diketahui, berdasarkan Laporan Kajian Food Loss and Waste di Indonesia tahun 2021, jumlah sampah makanan di Indonesia mencapai 23-48 juta ton per tahun yang setara dengan makanan bagi 61-125 juta orang atau 29-47 persen populasi.

Sementara itu, mengenai kuliner asli Betawi, Chef Juna mengatakan bahwa kuliner Betawi sejatinya sangat kaya rasa, hanya saja masih kurang populer. KISARASA pun akan mengangkat kisah dibalik ikan gabus pucung, sop daging sapi bening atau rujak juhi khas Betawi.

"Tidak hanya itu, season dua memberikan saya kesempatan untuk tidak sekadar berbincang dengan Menteri Sosial RI Ibu Tri Rismaharini, tetapi juga masak makanan kesukaan beliau,” tutup Chef Juna.

Episode pertama KISARASA musim kedua dapat disaksikan melalui kanal YouTube KISARASA. Nantinya, serial tersebut akan terdiri dari delapan episode berdurasi 30 menit.

Baca juga: Menjelajahi ragam cita rasa khas Nusantara di kawasan Kuningan Jakarta

Baca juga: Chef Juna & Renatta antarkan rasa nusantara di Jakarta lewat Antarasa

Baca juga: Chef Juna dan Renatta bikin saluran ekslusif di YouTube

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023