Kondisi ini diharapkan dapat dimanfaatkan pemda sebagai potensi perdagangan karbon ke depan yang pada akhirnya dapat menjadi sumber pendapatan baru dalam APBD
Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua berharap pemerintah daerah (pemda) setempat manfaatkan dengan maksimal momen penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, karena salah satu dari tiga pilar utama yang diangkat ialah keberlanjutan (sustainability).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Juli Budi Winantya kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan dalam konteks keberlanjutan, Papua memiliki peran besar dalam upaya penanganan perubahan iklim seiring dengan keunggulan yang dimilikinya, yaitu sisi areal hutan yang sangat luas.

“Kondisi ini diharapkan dapat dimanfaatkan pemda sebagai potensi perdagangan karbon ke depan yang pada akhirnya dapat menjadi sumber pendapatan baru dalam APBD,” ujar Juli.

Di sisi lain, lanjut Juli, akan ada 494 pertemuan selama penyelenggaraan ASEAN 2023 di Indonesia. Menurut Juli, hal tersebut harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mengerek perekonomian daerah.

“Melihat banyaknya jumlah kegiatan yang akan diselenggarakan, kami harap pemda dapat menangkap peluang dengan menyiapkan paket-paket wisata yang menarik di Papua,” kata Juli.

Dia menjelaskan, Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dapat menjadi ajang pameran pariwisata dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

“Dengan menyiapkan paket-paket wisata yang saling terkoneksi tentunya akan menjadi daya tarik para delegasi ASEAN yang hadir. Dengan begitu menjadi ajang 'showcasing' pariwisata,” ujar Juli.

Juli menambahkan, kegiatan internasional harus menjadi ajang perkenalan potensi ekonomi yang ada di Papua kepada asosiasi pelaku usaha maupun investor dari luar negeri sehingga dapat terjalin kerja sama bisnis ke depan.

Baca juga: Polri kerahkan 2.627 personel amankan KTT ASEAN 2023
Baca juga: KTT ke-42 ASEAN akan bahas visi ASEAN pasca 2025
Baca juga: BPOM pastikan pengawasan makanan para kepala negara saat ASEAN Summit


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023