Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, memprediksi lonjakan jumlah penumpang yang kembali ke DKI Jakarta usai mudik terjadi pada Minggu (30/4) hingga Senin (1/5) mendatang.

"Mungkin tanggal 30 April atau 1 Mei prediksi lonjakan penumpang karena itu berakhirnya liburan sekolah," kata Kepala Terminal Lebak Bulus Iman Syafril saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Iman menerangkan sampai saat ini arus balik di Terminal Lebak Bulus masih normal dan belum ada puncak lonjakan jumlah penumpang arus balik.

Terhitung mulai dari Jumat (14/4), yakni H-8 sebelum Lebaran hingga hari kelima setelah Lebaran atau Kamis (27/4), sebanyak 658 bus berangkat dan tibatiba di terminal tersebut.

"Untuk jumlah penumpang tiba itu 1.062 orang. Sedangkan penumpang berangkat 8.934 orang," katanya.

Selain itu, sebanyak 52 sopir diperiksa dengan rincian 32 orang sehat, 19 orang sehat dengan catatan dan satu orang tidak sehat sehingga diarahkan untuk beristirahat.

Baca juga: 722 pemilir tiba di Terminal Kalideres
Baca juga: PMI Jakbar dapat tambahan relawan Forpis di Terminal Kalideres


Untuk kelayakan bis, terdata sebanyak 113 kendaraan lulus "ramp check" dan 47 kendaraan tidak laik beroperasi yang terbagi kategori teknis dan non teknis.

Kategori teknis kendaraan tidak laik beroperasi meliputi ban gundul, kaca depan retak, kurang siapnya sabuk keselamatan/pengaman, volume angin rem, belum dilengkapi alat pemecah kaca, palu dan sebagainya.

"Sedangkan untuk non teknis kami mengecek kelengkapan surat kendaraan seperti buku KIR dan kartu pengawasan (KPS), kotak obat P3K, alat pemadam kebakaran (APAR) dan sebagainya," katanya.

Ada atau tidaknya lonjakan penumpang, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah fasilitas mulai dari petugas terminal yang berjaga, inspeksi keselamatan kendaraan (ramp check) dari Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Jagakarsa, hingga Pos kesehatan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

Pengelola meyakinkan penumpang bahwa keamanan dan ketertiban di Terminal Lebak Bulus terjamin.
Baca juga: Selama arus mudik, 8.014 pemudik berangkat dari Terminal Lebak Bulus
Baca juga: Terminal Lebak Bulus pastikan kesehatan sopir saat berkendara



 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023