Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyalurkan 3.700 paket sembako kepada buruh di wilayah tersebut dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2023.

Paket sembako itu diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar di Ruang Serbaguna Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Cakung, Jumat.

Anwar mengatakan, kegiatan yang sudah dilakukan sepanjang tujuh tahun terakhir ini merupakan sebagai bentuk apresiasi para buruh di Jakarta Timur (Jaktim).

Para buruh juga akan mendapatkan bantuan sosial, kesehatan, hingga bisa menyaksikan panggung hiburan saat peringatan "May Day" digelar di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Timur pada Senin (1/5).

Apresiasi dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jaktim dengan para pengusaha, termasuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Ada panggung gembira di Kantor Wali Kota nanti. Ini agar buruh tidak mengadakan demo ketika menyampaikan aspirasinya," katanya.

Baca juga: Jaktim gelar Ketupat May Day 2022 sambut Hari Buruh
Baca juga: Pengusaha harap Hari Buruh diisi kegiatan tingkatkan kapasitas pekerja


Dia mengingatkan mengenai adanya Tripartit. "Kita punya Tripartit, silakan disampaikan supaya dikoordinasikan ke Suku Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Kota Administrasi Jakarta Timur," katanya.

Kepala BPJS Cabang Rawamangun Deni Suwardani menyampaikan, selain paket sembako berupa gula, beras, minyak goreng, dan tepung, BPJS juga melakukan sosialisasi pentingnya perlindungan ketenagakerjaan.

Sosialisasi berupa program-program BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) hingga pembelian rumah.

"Mudah-mudahan apa yang kita berikan, kita lakukan ini bisa bermanfaat buat teman-teman peserta (buruh)," katanya.

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023