Prediksi cuaca tiga hari ke depan cuaca secara umum berawan dan potensi hujan ringan hingga sedang secara tidak merata di wilayah Bali bagian tengah, barat, dan selatan
Denpasar (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada tiga hari yaitu 28-30 April 2023 hujan turun di sejumlah wilayah Bali.

"Prediksi cuaca tiga hari ke depan cuaca secara umum berawan dan potensi hujan ringan hingga sedang secara tidak merata di wilayah Bali bagian tengah, barat, dan selatan," kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Jumat.

Berdasarkan peta prakiraan cuaca BMKG, di Bali bagian tengah yaitu Kabupaten Bangli akan diguyur hujan ringan pada Sabtu (29/4) besok. Begitu pula Bali bagian barat yaitu Tabanan yang tidak hanya hujan ringan, namun disertai petir, khususnya di Kecamatan Penebel dan Pupuan.

Sementara itu di Bali bagian barat, terutama Kecamatan Kuta dan Kuta Utara diprediksi akan diguyur hujan ringan pada Minggu (30/4) dini hari.

BMKG juga memprediksi selama tiga hari ke depan angin akan bertiup dari arah Timur Laut ke Timur, dengan kecepatan berkisar antara 4-36 km/jam.

Baca juga: BMKG: Delapan persen wilayah RI masuk musim kemarau akhir April

"Tinggi gelombang laut di Perairan Utara Bali berkisar antara 0,5-1,25 meter, di Perairan Selatan Bali berkisar antara 1- 2,5 meter, di Selat Bali berkisar antara 1-2,5 meter, dan di Selat Lombok berkisar antara 1-2,5 meter," kata Cahyo.

Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat petir. 

"Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku kegiatan wisata bahari, waspada potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai dua meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali, dan agar selalu memperhatikan Informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca iklim ekstrem," lanjutnya.

BMKG Denpasar juga memprediksi hari ini turun hujan sedang di wilayah Bali tengah, barat, timur, dan utara, dengan suhu udara 23-33 derajat Celcius dan kelembaban antara 60-95 persen, di mana angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan sekitar 5-37 km/jam.

Baca juga: BMKG: Beberapa wilayah di Indonesia berpotensi alami hujan lebat

 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023