Denpasar (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar meminta masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca buruk akibat siklon tropis Olga di Bali pada 8-10 April 2024.

“Kami terus memantau dan memperbarui informasi berdasarkan perkembangan cuaca,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Cahyo Nugroho di Denpasar, Senin.

Cuaca tak bersahabat itu disebabkan oleh adanya siklon Olga yang terpantau di Samudera Hindia selatan, barat daya Sabu, NTT, dengan kecepatan angin maksimum 100 knot atau setara 185 kilometer per jam dan tekanan udara minimum 945 hectopascal (hPa).

Kemudian ada daerah konvergensi di sekitar wilayah Bali yang mendukung pertumbuhan awan hujan, suhu muka laut di Bali berkisar 29-31 derajat Celcius.

Baca juga: Pemudik diimbau waspada cuaca ekstrem, berhenti jika cuaca buruk

Selain itu, juga ada massa udara basah terkonsentrasi di lapisan permukaan hingga lapisan 700 milibar (3.000 meter).

Berdasarkan analisis cuaca BBMKG Wilayah III, sejumlah wilayah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

BBMKG Denpasar memetakan wilayah tersebut yakni Kabupaten Badung, Klungkung, Gianyar, Tabanan, Bangli, Buleleng, Karangasem, Tabanan, dan Kota Denpasar.

Selain itu, ada juga daerah Bali bagian selatan yang diperkirakan berpotensi terjadi angin kencang.

Baca juga: BMKG ingatkan waspada hujan lebat di 29 provinsi

BMKG Denpasar menekankan dampak bencana yang dapat ditimbulkan yakni pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor.

Cahyo mengimbau pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan pelaku wisata bahari serta masyarakat pesisir agar mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2 meter atau lebih di perairan selatan Bali.

Ada pun angin di Bali secara umum bertiup dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan hingga 40 kilometer per jam atau 21,5 knot.

Cahyo juga mengimbau masyarakat agar mengakses informasi terkini terkait cuaca melalui layanan informasi cuaca 24 jam melalui laman balai3.denpasar.bmkg.goi.id.

Baca juga: Anggota DPR imbau pemudik gunakan aplikasi BMKG pantau cuaca

Kemudian kanal media sosial di telegram melalui @warningcuacabali, facebook di BBMKG Wilayah III Denpasar dan di kanal X (twitter) @bbMKG3 serta instagram di @bmkgbali, dan aplikasi INFO BMKG yang dapat diunduh di appstore dan playstore.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024