Jadi kami mohon, pemudik tetap mengedepankan keselamatan selama dalam perjalanan, hati-hati pohon tumbang, sehingga mudiknya selamat hingga kampung halaman
Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung mengimbau pemudik tetap waspada dengan cuaca ekstrem saat diperjalanan menuju kampung halaman.

"Kami minta pemudik berhati-hati di perjalanan waspada cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan pohon tumbang dan longsor," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bandarlampung Sakroni di Bandarlampung, Sabtu.

Dia pun menyebutkan bahwa berdasarkan pemetaan BPBD Bandarlampung terdapat enam kecamatan yang berpotensi bencana hidrometeorologi seperti pohon tumbang, longsor, dan banjir, akibat cuaca ekstrem yakni Wayhalim, Kemiling, Rajabasa, Panjang, Bumiwaras, dan Kedamaian.

"Untuk mengantisipasi kerawanan bencana dan tindakan cepat, kami juga telah menempatkan personel BPBD di setiap posko mudik yang dibuat," kata dia.

Baca juga: BMKG: Angin kencang hingga gelombang tinggi berpotensi sampai 11 April

Sehingga, lanjut dia, apabila memang ada kejadian bencana di wilayahnya masing-masing, baik pohon tumbang, longsor, dan lainnya, personel yang ditempatkan di posko arus mudik dapat langsung berkoordinasi dengan Markas Komando (Mako) BPBD untuk segera mengambil tindakan.

"Ya untuk kesiapan peralatan dan personel, semua sudah disiapkan dengan baik menghadapi arus mudik ini," kata Sarkoni.

Ia pun mengingatkan kepada pemudik untuk tidak memaksakan perjalanan apabila cuaca di jalan sedang hujan lebat, karena bisa saja terdapat bencana pohon tumbang yang dapat membahayakan mereka.

"Jadi kami mohon, pemudik tetap mengedepankan keselamatan selama dalam perjalanan, hati-hati pohon tumbang, sehingga mudiknya selamat hingga kampung halaman," kata Sakroni.

Baca juga: BMKG siap terapkan modifikasi cuaca, amankan arus mudik Lebaran
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024