Wonogiri (ANTARA) - Puluhan armada bus dari pemerintah telah mengantarkan warga Wonogiri, Jawa Tengah menuju ke perantauan melalui program balik Lebaran gratis 2023 yang diberangkatkan di Terminal Tipe A Giri Adipura kabupaten setempat, Jumat.

Menurut Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri Marjhono ada sebanyak 49 armada bus yang disiapkan untuk mengantar warga Wonogiri ke perantauan melalui program balik gratis ke Jakarta. Dari 49 armada bus tersebut terdiri dari 36 armada yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta dan 13 armada bus dari Kementerian Perhubungan.

Ada seribuan warga yang ikut program balik Lebaran gratis tersebut. Setiap bus akan memuat penumpang antara 40 orang hingga 50 orang dengan tujuan ke Pulogebang Jakarta Timur.

"Orangnya balik gratis ini, diberangkatkan Jumat ini. Sedangkan, sepeda motornya peserta balik gratis ada 600 unit sudah diberangkatkan duluan dari terminal Wonogiri ini, Kamis (27/4)," katanya.

Sementara itu, puncak arus balik dengan moda transportasi bus antarkota antarprovinsi (AKAP) juga masih belum bisa dipastikan. Pasalnya, pada Sabtu (29/4) juga masih ada bus AKAP keberangkatan yang bertolak dari Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri ke berbagai kota besar di Indonesia.

"Bus reguler keberangkatan di Terminal Wonogiri ini, Sabtu (29/4) masih ada," kata Marjhono.

Berdasarkan data produksi Terminal Wonogiri, jumlah penumpang bus AKAP keberangkatan mengalami tren penurunan pada Kamis (27/4). Pada Jumat ini, tercatat ada 4.064 orang penumpang yang diangkut 166 armada. Angka itu, sedikit turun jika dibandingkan jumlah penumpang bus AKAP keberangkatan pada Rabu (26/4), ada 4.469 orang dengan menumpangi 181 bus AKAP.

Menurut dia, memang agak turun jumlahnya. Tapi, pihaknya melihat nanti data hari ini, ada balik Lebaran gratis pesertanya juga banyak. Pihaknya memantau terus data produksi terminal.

Sugimin (50), salah satu peserta balik gratis Lebaran mengaku senang bisa mengikuti balik gratis yang diadakan Pemprov DKI Jakarta. Dirinya bersama anggota keluarganya mengikuti balik gratis pada Lebaran tahun ini.

"Saya sebelumnya juga ikut mudik gratis dan ini ikut balik gratis. Saya pulang ke Jatisrono Wonogiri. Program pemerintah ini, sangat membantu rakyat," katanya. ***1***



 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023