Ambon (ANTARA) - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Maluku Widya Pratiwi Murad meminta anggota pramuka muda di provinsi itu dapat menjadi contoh untuk menangkal pengaruh buruk perkembangan zaman di masyarakat.

"Anggota pramuka khususnya anggota muda harus memainkan peran duta perubahan perilaku sebagai bentuk penangkalan terhadap pengaruh buruk lingkungan dan perkembangan zaman," ujarnya di Ambon, Jumat.

Baca juga: Budi Waseso: Pramuka harus hasilkan generasi Maluku tangguh

Hal itu disampaikan Widya Pratiwi Murad dalam upacara pembukaan penguatan pendidikan karakter kemah bakti Pramuka Gugus Depan Yosep Kam Pangkalan SMA Kristen Yayasan PKPM di Ambon.

“Kwarda Maluku memberi dukungan terhadap kegiatan anggota muda demi terciptanya pembentukan karakter berdedikasi, penambahan wawasan, dan keterampilan untuk mempersiapkan diri sebagai kader-kader penerus bangsa," kata dia.

​​​​
Ketua Pramuka Kwarda Maluku Widya Pratiwi Murad bersama anggota pramuka lainnya di Ambon (Antara/DedyAzis)

Ketua Kwarda Maluku itu juga menjelaskan kegiatan kemah bakti tersebut merupakan media untuk mengarahkan anggota gerakan pramuka Maluku, khususnya Pramuka Penegak dan Pandega untuk terus peka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Kwarda Pramuka Kalbar dorong penggalang berprestasi harumkan daerah

Hal tersebut sebagaimana yang telah diikrarkan melalui Tri Satya dan janji pramuka yang harus dipedomani dalam menjalankan aktivitas keseharian setiap anggotanya.

“Menepati dasar dharma merupakan dasar-dasar kebajikan yang wajib dimiliki setiap anggota pramuka untuk meningkatkan peran anggota pramuka dalam menghadapi era digital yang semakin transparan,” katanya.

Baca juga: Wali Kota: Pramuka sarana membangun karakter cinta Tanah Air

Dia juga mengimbau anggota dewasa Gerakan Pramuka Maluku agar selalu mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan kepramukaan, mendorong setiap unit untuk lebih selektif dalam merencanakan program atau kegiatan, dan meningkatkan kreatifitas serta profesionalisme saat melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023