Jakarta (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta merutinkan tes urine para sopir bus di lima terminal yang ada di DKI Jakarta selama momen arus milir 2023 untuk memastikan kesehatan sopir dan keamanan penumpang.

Adapun lima terminal itu ialah Terminal Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok, Terminal Kalideres, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Lebak Bulus.

"Jadi memang tes ini sudah disiapkan sejak awal mudik berlangsung sampai arus balik ini. Tes ini juga cara kami memastikan keamanan pengemudi dan juga penumpang yang akan melakukan perjalanan jauh," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP DKI Jakarta Joko Purnomo saat ditemui ANTARA di Terminal Kampung Rambutan, Sabtu.

Baca juga: TJ layani pemilir yang tiba dini hari di Terminal Kampung Rambutan

Secara keseluruhan di lima terminal tersebut para sopir akan mengikuti tes urine untuk mengecek adakah kandungan zat terlarang berupa Amphetamine (AMP), Metamphitamine ( MET), Cocaine (COC), Ganja (THC), Benzoat dan Morphine (MOP) di tubuhnya.

Bagi sopir yang didapati mendapatkan hasil positif menggunakan narkoba, Joko mengatakan BNNP DKI Jakarta akan memberikan fasilitas berupa rehabilitasi gratis kepada sopir terkait.

Sopir tersebut juga akan dilarang sementara dari kegiatan mengemudi dan diminta secara fokus bisa mengikuti rehabilitasi untuk melepaskan kencanduannya dari obat-obatan terlarang itu.

"Kami minta yang bersangkutan untuk ikut jalani rehabilitasi gratis dari kami agar tidak kembali menyalahgunakan narkoba dan tentunya bisa mencegah terjadinya korban baru. Ini cara kami memberikan edukasi juga kepada sopir dan masyarakat," kata Joko.

Adapun selain tes urine untuk memastikan sopir terbebas dari narkoba atau tidak, untuk di Terminal Kampung Rambutan ada juga dukungan layanan kesehatan lainnya yang diberikan mulai dari pengecekan tensi, gula darah, serta risiko penyakit tidak menular seperti diabetes hingga hipertensi.

Apabila sopir dinilai mendapatkan hasil pemeriksaan yang baik, maka sopir bus akan mendapatkan surat keterangan layak jalan yang memastikan bahwa sopir tersebut dalam kondisi baik untuk mengemudi di masa arus balik.

Baca juga: Menko PMK pastikan arus milir gelombang kedua berjalan lancar

Baca juga: Arus balik di terminal terpadu Pulo Gebang Sabtu meningkat

Baca juga: Arus balik diprediksi masih tetap ada dalam dua pekan mendatang

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023