pada Mobile IP Clinic tahun ini akan menghadirkan sosialisasi dan diseminasi kekayaan intelektual, layanan konsultasi dan permohonan KI.
Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan merencanakan pembukaan klinik kekayaan intelektual di salah satu hotel berbintang di Palembang pada 22 - 27 Mei 2023.

"Dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas dan kuantitas kekayaan intelektual (KI) serta mendekatkan layanan KI kepada pelaku UMKM dan masyarakat umum, kami bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar pekan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) atau Klinik KI Bergerak," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, 'Mobile Intellectual Property Clinic' merupakan pelayanan konsultasi dan pendampingan layanan kekayaan intelektual bergerak yang menjadi salah satu program unggulan yang digagas oleh DJKI.

“Mobile Intellectual Property Clinic ini diperlukan untuk mendorong potensi kekayaan intelektual Indonesia dari segi kuantitas maupun kualitas permohonan sehingga potensi KI dapat menjadi salah satu pilar penopang pembangunan dan peningkatan ekonomi nasional yang dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat Indonesia,” ujar Kakanwil.

Lebih lanjut Ilham menyampaikan untuk mempersiapkan klinik pelayanan KI tersebut, dia membahasnya bersama Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Parsaoran Simaibang, Kabid Pelayanan Hukum Yenni, Kasubbid Pelayanan KI Yulkhaidir, dan Kasubbid Pelayanan AHU Riyan Citra Utami serta pihak pemerintah daerah.

"Persiapan terus dilakukan dengan rapat koordinasi dengan jajaran internal dan eksternal hingga persiapan dinilai benar- benar matang guna meminimalkan hal – hal yang tidak diinginkan, katanya.

Dia menjelaskan, pembukaan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) atau Klinik KI Bergerak akan dihadiri Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Mien Usihen.

“Dalam kegiatan itu Dirjen KI akan menyerahkan sertifikat Kekayaan Intelektual tanaman Gambir sebagai Indikasi Geografis Kabupaten Musi Banyuasin, dan juga Batik Gambo yang telah populer," ujarnya.

Dikatakan Ilham, pada Mobile IP Clinic tahun ini akan menghadirkan sosialisasi dan diseminasi kekayaan intelektual, layanan konsultasi dan permohonan KI.

Pameran produk dari UMKM di Sumatera Selatan, layanan fasilitasi dari perbankan untuk pendaftaran KI dan Perseroan perorangan layanan pendaftaran perseroan perorangan, ujar Ilham.
Baca juga: Kemenkumham Sumsel optimalkan layanan publik kekayaan intelektual
Baca juga: Kemenkumham Sumsel buka layanan konsultasi bantuan hukum gratis
Baca juga: Produk hampers narapidana Sumsel diminati masyarakat saat Ramadhan

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023