Semarang (ANTARA) - Rekayasa lalu lintas berupa pemberlakuan jalur satu arah dibuka mulai gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju ke barat atau Jakarta hingga gerbang Tol Cikampek pada Sabtu malam.

Sebelum dibuka pada pukul 20.35 WIB, petugas melakukan pembersihan jalur dari arah barat sekitar dua jam sebelum rekayasa lalu lintas diberlakukan.

Jalur satu arah sebelumnya sudah diberlakukan sejak gerbang tol Palimanan hingga Cikampek pada Sabtu siang.

Gardu yang berada di gerbang Tol Kalikangkung dibuka maksimal untuk melayani pengendara.

Sementara kondisi arus kendaraan sejak diberlakukan jalir satu arah relatif padat namun lancar.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dalam siaran pers di Semarang, mengatakan, pembukaan jalur satu arah tersebut mempertimbangkan volume lalu lintas yang meningkat signifikan yang menuju Jakarta.

Kepada para pengguna tol yang akan melakukan perjalanan mulai dari Kalikangkung hingga Jakarta diimbau untuk menyiapkan diri dan kendaraannya, termasuk BBM dan uang elektronik untuk transaksi di gardu tol.

Sementara data di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung Semarang mencatat jumlah kendaraan yang melintas masuk menuju arah barat mencapai sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB tercatat mencapai 13.137 kendaraan.

Kepolisian memperkirakan peningkatan arus kendaraan menuju Jakarta akan terjadi pada arus balik gelombang kedua pada 29 April hingga 1 Mei tersebut.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023