Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan SEA Games Kamboja tak hanya berpusat di ibu kota Phnom Penh, namun juga turut menggandeng kota-kota lainnya yang mungkin masih asing bagi sebagian orang.

Kampot, Kep, Sihanoukville, dan Sim Reap adalah empat kota pendukung yang akan menjadi tuan rumah untuk beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Berikut adalah profil singkat dari masing-masing kota yang bisa dikunjungi oleh penggemar olahraga yang akan menonton langsung SEA Games di Kamboja nanti.
Pemandangan di Sungai Kampot. (ANTARA/REUTERS/Martin BERTRAND / Hans Lucas via/Martin Bertrand)


Kampot

Kampot adalah sebuah kota di selatan Kamboja dan ibu kota Provinsi Kampot. Letaknya yang dekat dengan Sungai Praek Tuek Chhu dan Teluk Thailand membuat kota ini menjadi rumah bagi kompetisi balapan perahu tradisional (traditional boat race).

Pusat kota terdiri dari arsitektur kolonial Prancis abad ke-19 yang unik dan terasa baru bagi para pelancong yang baru pertama kali mengunjunginya. Kampot juga terkenal dengan lada berkualitas tinggi yang diekspor ke seluruh dunia, serta saus ikan dan durian produksi lokalnya.

Pesona lainnya dari Kampot adalah gaya hidup "slow life". Tak seperti Phnom Penh yang dikelilingi oleh hiruk-pikuk perkotaan, di Kampot, lalu lintas cenderung minim sehingga mudah bagi wisatawan untuk berjalan kaki dan bersepeda menikmati sekeliling.
Para pebalap sepeda pada acara Cambodia Bay Cycling Tour, Senin, 6 Januari 2020 di Kota Kep, Kamboja. (ANTARA/REUTERS/Artur Widak via Reuters Connect/Artur Widak)


Kep

Menurut Kementerian Pariwisata Kamboja, Kep adalah tujuan tepi pantai utama Kamboja setelah Sihanoukville. Letaknya yang dekat dengan pantai ini membuat Kep menjadi venue untuk cabang olahraga triathlon pada SEA Games mendatang.

Kep baru-baru ini ditetapkan sebagai tempat liburan wajib jika mengunjungi "Land of Khmer". Pantai Kep yang dulunya sangat miskin sekarang dipenuhi dengan pasir seputih salju dari Pantai Otres dan diperpanjang hingga 50m, masih pantai utama terletak di Koh Tonsay yang indah.

Baca juga: Mengenal Phnom Penh, lokasi utama ajang SEA Games Kamboja

Pesona resor pantai ini terletak pada kedamaiannya, Taman Nasionalnya, dan makanan lautnya.
Para turis di pantai Preah Sihanoukville Kamboja, 26 November 2017. (ANTARA/REUTERS/Matthew Tostevin)


Sihanoukville

Sihanoukville adalah sebuah kota pelabuhan di selatan Kamboja dan merupakan satu-satunya pelabuhan laut dalam di negara tersebut. Nama kota ini berasal dari nama raja Kamboja, Norodom Sihanouk.

Kota yang juga dikenal sebagai Kampong Som atau Kampong Saom ini akan menjadi host bagi beberapa cabor seperti voli pantai, berlayar, dan jet ski pada SEA Games ke-32 ini.

Sihanoukville memiliki sejumlah objek wisata yang menarik seperti Pantai Kemerdekaan (Independence Beach), Lomhe Kay, Wat Krom, Koh Rong Sanloem, Pantai Sokha, Pulau Koh Rong, dan Wat Leu.
Pengunjung berjalan melewati kabut pagi di sekitaran Angkor Wat, Siem Rep, Kamboja, 14 Januari 2023. (ANTARA/REUTERS/CINDY LIU)


Siem Reap

Siem Reap adalah kota terbesar kedua di Kamboja, serta ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Siem Reap di barat laut negara tersebut.

Kota yang dikenal dengan arsitektur bergaya kolonial Prancis dan Cina, hingga kekayaan seni budaya dan historisnya ini akan menjadi tempat penyelenggaraan cabang balap sepeda dan atletik.

Untuk tujuan wisata, Siem Reap adalah rumah bagi kuil Angkor Wat yang terkenal, dan dinobatkan sebagai Kota Budaya ASEAN untuk periode 2021–2022.

Tak hanya dikenal dengan Angkor Wat-nya, kota ini juga memiliki objek wisata lainnya seperti Angkor Thom, Komplek Taman Arkeologi Angkor, Museum Perang Kamboja, Desa Budaya Kamboja, Museum Nasional Angkor, hingga tempat berburu oleh-oleh di Pasar Tua atau Psah Chas.

Baca juga: Menakar potensi lumbung emas Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023