Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sembilan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang pada Senin-Selasa (1-2/5), sehingga semua diimbau waspada akan dampaknya.

"Dampak dari peristiwa ini antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Minggu.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, lanjutnya, hanya Kota Bontang yang tidak mengalami peristiwa tersebut, namun hanya hujan ringan di semua kecamatan pada Senin sekitar pukul 20.00 hingga 23.00 Wita.

Sedangkan sembilan daerah yang diprakirakan mengalami hujan petir antara lain di Kota Balikpapan pada Senin sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Kota, pukul 23.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah.

Di Kota Samarinda pada Senin sekitar pukul 20.00 Wita hujan di enam kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan, dan pukul 23.00 hujan petir di semua kecamatan.

Kabupaten Kutai Timur sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir di sembilan kecamatan, yakni Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Telen, dan Teluk Pandan.

Sekitar pukul 23.00 Wita hujan petir di 11 kecamatan, yakni Batu Ampar, Kaliorang, Muara Ancalong, Bengalon, Kaubun, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, dan Telen, kemudian pada Selasa dini hari di Kecamatan Sangkulirang, sedangkan semua kecamatan lainnya hujan ringan.

Di Kabupaten Kutai Barat yang terdapat 17 kecamatan, 16 kecamatan berpotensi hujan petir pada Senin sekitar pukul 20.00, hanya Kecamatan Bongan yang berawan.

"Sedangkan pukul 23.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir melanda 15 kecamatan, hanya Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung yang hujan ringan. Pada Selasa dini hari hingga subuh, hujan ringan ke sedang terjadi di hampir semua kecamatan," kata Carolina.

Baca juga: BMKG: Waspada cuaca ekstrem di beberapa kota Sulut hingga 1 Mei
Baca juga: BMKG: Pembaharuan informasi cuaca dukung kesuksesan KTT ASEAN 2023
Baca juga: BMKG: Warga barat-selatan Aceh waspadai bencana hidrometeorologi

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023