Pesan saya untuk para saudagar Bugis Makassar, 'Lao Sappa Deceng, Lisu Mappideceng'
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman berharap Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIII membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kami berharap melalui PSBM ini ada saling 'sharing' mengenai peluang-peluang untuk membangun Indonesia, maupun Sulsel pada khususnya. Baik di bidang bisnis, kerja sama, dan membangkitkan ekonomi melalui UMKM tentunya," ujarnya melalui keterangan di Makassar, Senin.

PSBM 2023 dihadiri para pengusaha asal Bugis Makassar dari berbagai daerah. Bukan hanya dari berbagai provinsi di Indonesia, bahkan ada yang berasal dari luar negeri.

"Alhamdulillah, bisa bersilaturahmi para saudagar dari berbagai wilayah yang berasal dari rumpun Bugis Makassar dalam Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIII," ungkapnya.

Sebagai saudagar Bugis Makassar, ia berharap mereka tidak lupa falsafah Bugis yang memiliki arti 'pergi untuk mencari kebaikan, setelah itu kembali untuk menyebarkan kebaikan'. "Pesan saya untuk para saudagar Bugis Makassar, Lao Sappa Deceng, Lisu Mappideceng," ujar dia.

Baca juga: Wali Kota Makassar klaim Lorong Wisata dongkrak pertumbuhan ekonomi

Sementara guna mendukung atmosfir berusaha di Sulsel, Pemprov Sulsel bersama DPRD dan Forkopimda serta pemerintah kabupaten/kota, telah melakukan berbagai upaya dengan membangun infrastruktur sebagai salah satu modal perdagangan.

"Di antaranya menghadirkan program Mandiri Benih, membenahi sejumlah ruas jalan LHR tinggi, subsidi penerbangan, dan bantuan keuangan untuk mendukung pembangunan di daerah. Bahkan masih banyak lagi program yang dilakukan," ujar Andi Sudirman.

Ia terus berkomitmen dalam melakukan pemerataan pembangunan yang berkeadilan, untuk mewujudkan Sulsel yang lebih baik.

Baca juga: Sulsel daerah pertama di Indonesia tetapkan zona kuliner KHAS

Baca juga: BPS sebut ekonomi Sulsel triwulan IV tumbuh 5,11 persen di 2022

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023