Jakarta (ANTARA) - Psikolog klinis dewasa Tiara Puspita, M.Psi.,Psikolog menganjurkan agar para lulusan baru atau fresh graduate untuk tetap memiliki pemikiran terbuka (open minded) ketika baru memulai atau merintis karier.

Keterampilan nonteknis atau soft skill ini menjadi modal awal bagi para lulusan baru, terutama bagi mereka yang memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan yang mengharuskan seseorang dapat bertahan dan berkembang di tempat tersebut dalam jangka waktu panjang.

"Kalau menurut saya penting sekali untuk seorang fresh graduate ketika memasuki atau memulai suatu karier adalah untuk keep open minded, ya. Be curious dan open mindend," kata psikolog lulusan Universitas Indonesia itu saat dihubungi ANTARA, Senin.

Baca juga: Psikolog ungkap pentingnya sikap percaya diri saat wawancara kerja

Menurut Tiara, pemikiran terbuka harus selalu dimiliki walaupun seseorang sudah merasa mampu menguasai suatu keahlian tertentu yang terkait dengan pekerjaannya. Ini juga perlu dibarengi dengan keingintahuan yang tinggi sehingga seseorang tidak pernah berhenti belajar dan terbuka terhadap pengalaman-pengalaman baru.

Dengan berpikiran terbuka, imbuh Tiara, hal ini juga membuka kesempatan bagi para lulusan baru untuk belajar memahami kultur atau budaya di perusahaan atau organisasi tertentu termasuk kultur berinteraksi hingga kultur berkomunikasi.

"Karena value-value di setiap perusahaan atau culture di setiap perusahaan itu berbeda. Dan kita perlu bisa open minded juga di situ," ujar psikolog yang berpraktik di International Wellbeing Center itu.

Baca juga: Kiat sukses dapat kerja untuk para lulusan baru

Tiara mencontohkan, beberapa klien yang melakukan konsultasi psikologi dengannya biasanya mengalami masalah atau menemukan hambatan untuk dapat berinteraksi dengan karyawan-karyawan yang lebih senior atau lebih dewasa di suatu perusahaan.

Belajar dari kasus tersebut, kata Tiara, maka diperlukan sikap dan kemauan untuk belajar membuka diri sendiri agar dapat berinteraksi dan berkomunikasi lebih baik dengan karyawan yang jauh lebih senior.

"Jadi kembali lagi ke situasi, culture, dan lingkungan tempat kita berada. Dan kita perlu bisa open minded terhadap experience tersebut untuk kita bisa berkembang, khususnya buat orang-orang yang baru memulai kerja," kata Tiara.

Baca juga: Kemenkominfo ungkap dukungan agar SDM digital diserap industri

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023